Mana yang terbaik di antara USB tipe C dan Apple Lightning?

Mana yang terbaik di antara USB tipe C dan Apple Lightning?

Techno.id - Sebagian dari pengguna masih mengandalkan pengisian daya kabel USB daripada charger wireless. Namun, beberapa dari pengguna Android (OnePlus 2) dan Windows Mobile (Lumia 950) sudah mulai beralih ke USB tipe C karena dianggap lebih cepat dari microUSB. Sedangkan pengguna perangkat iOS selalu mengandalkan konektor Apple Lightning.

Melihat dua kubu yang mengandalkan kemampuan pengisian daya masing-masing, lalu manakah sebenarnya yang terbaik di antara USB tipe C dan Apple Lightning? Kalau Anda melihat dari berbagai aspek, mungkin Anda bisa mengetahui mana yang terbaik. Nah, di sini Techno.id akan membantu Anda mengetahui mana yang terbaik di antara USB tipe C dan Apple Lightning, seperti yang dilansir oleh PocketNow (5/2/2016).

Desain pin USB memengaruhi tingkat kerusakan

Desain USB tipe C mempunyai pin di dalam kepala USB, sementara Apple Lightning menyematkan pin di bagian luar. Sampai saat ini, sangat jarang sekali ada pengguna yang mengeluhkan USB tipe C miliknya rusak.

Berbeda dengan Apple yang banyak sekali keluhan pada bagian USB karena Apple Lightning disinyalir mudah kotor sehingga mengganggu kinerja pengisian daya. Selain itu, kabel Apple Lightning sangat rapuh, sehingga baru beberapa kali digunakan, bagian leher kabel bisa saja terkelupas atau terputus.

Kemampuan pengisian daya

USB tipe C diklaim mampu dialiri arus dan daya listrik lebih besar yakni mencapai 5 A dan 20 Volt. Sedangkan, Apple Lightning mampu menangani arus dan daya listrik sebesar 2.1 A dan 18 Volt.

Kecepatan transfer data

USB tipe C sudah mendukung penuh USB 3.1 dengan kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Namun, sebagian USB tipe C juga masih mengadopsi USB 2 dengan kecepatan transfer data hingga 480Mbps. Sementara, Apple Lightning juga mendukung koneksi Thunderbolt yang menjanjikan kecepatan transfer hingga 10Gbps.

Kesimpulan

Dilihat dari berbagai aspek, termasuk desain, kemampuan, dan kecepatan, sepertinya yang terbaik adalah USB tipe C. Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)