Ini spesifikasi Dell XPS 13, laptop hasil kolaborasi dengan Microsoft

Ini spesifikasi Dell XPS 13, laptop hasil kolaborasi dengan Microsoft

Techno.id - Menjalin kerja sama eksklusif dengan Microsoft, membuat Dell lebih percaya diri untuk berkompetisi di pasar laptop. Selain bisa menawarkan OS Windows 10 pada pengguna, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu juga memproduksi ulang salah satu laptop andalannya, XPS 13, dengan spesifikasi yang menggiurkan.

Dell XPS 13 baru ini sudah dibekali dengan sejumlah varian prosesor dan grafis Intel generasi keenam, mulai dari Intel Core i3 sampai i7. Adanya variasi yang serupa ditemui juga dalam hal RAM (yaitu dari 4GB sampai 16GB) serta memori internal (dari 128GB hingga 1TB).

Laptop yang pernah dipamerkan di ajang CES 2015 ini ditanami pula dengan baterai yang sanggup bertahan sampai 11 jam dan webcam Widescreen HD (720p). Di samping mempunyai Wi-Fi, Bluetooh 4.0, dan dua port USB 3.0, ada pula port Thunderbolt 3, konektivitas yang mirip USB Type-C khas Intel.

XPS 13 berlayar 13,3 inci ini akan mulai tersedia di pasar Amerika Serikat dulu. Harga terendah yang ditawarkan ialah Rp11 jutaan, sementara batas atasnya sekitar Rp30 jutaan.

Selain XPS 13, ada dua produk lain yang turut diperkenalkan Dell dari 'perkawinannya' dengan Microsoft, yakni XPS 15 dan XPS 12 2-in-1. Keduanya memiliki keunggulannya tersendiri. XPS 15, misalnya, menawarkan laptop berspesifikasi tinggi dengan dimensi yang lebih kecil dibanding kompetitor sejenis, yakni ukuran layar 15 inci dan bobot 1,8kg.

(brl/red)