Huawei siapkan smartphone asal Indonesia

Huawei siapkan smartphone asal Indonesia

Techno.id - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berdampak pada banyak sektor bisnis di Tanah Air. Namun, khusus pasar smartphone berbagai pihak memprediksi Indonesia masih bakalan memiliki pertumbuhan sepanjang tahun ini.

Prediksi itu membuat Huawei percaya diri tetap meluncurkan produk-produk di kategori ponsel pintar buatannya. Perusahaan asal Tiongkok itu bahkan mengaku bakalan meluncurkan ponsel dengan fitur 4G LTE (Long Term Evolution) buatan pabrik Indonesia pada tahun ini.

Huawei sekarang ini sedang dalam proses pembuatan smartphone 4G yang dibuat oleh pabrikan Indonesia. Pabriknya punya mitra lokal kami, ini salah satu cara Huawei untuk memenuhi standar TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) 40 persen dari pemerintah, ungkap Ellen Angerani, Director Indonesia Device Business Department, PT Huawei Tech Invesment.

Lebih lanjut, Ellen mengklaim perusahaannya memang telah memiliki mitra untuk membuat perangkat mobile buatannya di Indonesia. Sudah lama kita punya produsen di sini, modem Huawei kan juga sudah dibuat di Indonesia, tambah Ellen kepada tim Techno.id.

Sayangnya, wanita berkacamata tersebut masih enggan mengungkapkan secara rinci proses apa saja yang sudah ditangani mitra Huawei di Indonesia, apakah sekedar pengemesan atau perakitan. Ia hanya memastikan produk 4G dari Indonesia miliknya bakalan diluncurkan pada tahun 2015.

Soal aktivitas produksinya dan berapa persen TKDN-nya nanti kita kasih informasi lebih detail. Tunggu saja waktunya, nanti kita pasti kirim undangan sebelum produknya diluncurkan. Kita kasih informasi lebih lengkap dan jelas di acara itu ya, kata Ellen menutup pembicaraan.

(brl/red)