CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 9 Desember 2015 11:00

Hebat, kamera ini bisa lacak benda yang tersembunyi di balik tembok

Meski usung fitur canggih, kamera ini hanya menggunakan teknologi berdaya rendah agar bisa beroperasi.

Hebat, kamera ini bisa lacak benda yang tersembunyi di balik tembok

Techno.id - Ilmuwan asal MIT (Massachusetts Institute of Technology) baru-baru ini mengklaim telah menemukan sebuah kamera yang dapat melacak alias menemukan benda tersembunyi di balik sebuah tembok. Kamera SPAD atau Single-Photon Avalanche Diode yang saat ini masih berupa prototipe itu kabarnya dapat mendeteksi keberadaan pejalan kaki misalnya, yang ada di balik tembok dan melacak gerak-gerik mereka.

Meski bisa melakukan hal secanggih tersebut, kamera ini ternyata hanya menggunakan teknologi berdaya rendah saja untuk mendeteksi gerak tersembunyi di balik tembok. Ya, seperti dilansir oleh SlashGear (8/12/15), teknologi berdaya rendah tersebut memungkinkan kamera dapat menggambarkan objek yang dilacaknya dalam bentuk 3 dimensi.

Tak hanya itu, para peneliti juga dilaporkan menggunakan teknologi LIDAR untuk menunjukkan benda atau barang apa yang ada di balik dinding dengan lebih cepat dan lebih sensitif. Teknologi ini memungkinkan kamera dapat menemukan posisi tersembunyi dari sebuah objek dalam hitungan beberapa detik saja menggunakan sensor laser.

Saat ini, para peneliti dilaporkan sedang mengembangkan fitur lain dari kamera. Nantinya kamera yang dapat membidik dengan kecepatan 20 miliar frames per second ini diharapkan bisa beroperasi dengan baik di kondisi seperti kabut dan juga diharapkan memiliki jangkauan atau angle yang lebih luas dan panjang.

WHAT TO READ NEXT ?