Dott, dog tag pintar untuk anjing kesayangan

Dott, dog tag pintar untuk anjing kesayangan

Techno.id - Anda pernah mengalami anjing kesayangan tiba-tiba hilang entah ke mana? Mencarinya keliling kompleks rumah mungkin cara satu-satunya yang bisa Anda lakukan, meski perlu diakui cara konvensional seperti ini terkadang cukup melelahkan dan hasilnya terkadang tak sesuai perkiraan.

Namun, kini kabarnya Anda tak perlu lagi melakukan pencarian dengan cara konvensional seperti itu jika si anjing kesayangan hilang. Dengan memasangkan Dott, dog tag pintar ke anjing kesayangan Anda kini mencari hewan yang hilang bakal jadi lebih mudah.

Seperti dikutip dari NDTV (3/9/15), jika anjing Anda menggunakan dog tag pintar ini maka ketika dia hilang maka Anda bisa melacaknya melalui aplikasi pendukung. Dengan catatan Anda sudah menginstal aplikasi di smartphone Anda dan jarak Anda dengan si anjing tak lebih dari 106 meter.

Disebutkan jika perangkat yang dipersenjatai dengan teknologi Bluetooth ini bakal memberikan peringatan kepada Anda jika si anjing berada jauh dari daerah jangkauan atau sederhananya saat ia keluar dari rumah. Disebutkan jika aplikasi yang tersambung dengan sinyal Dott bakal mengirimkan rincian lokasi terakhir dari anjing yang hilang. Bahkan, jika ada orang di sekitar lokasi si anjing yang juga menginstal aplikasi ini maka kalung pintar bakal memancarkan sinyal dan memberi notifikasi mengenai rincian nama anjing, nama pemilik, dan juga alamat Anda, sehingga orang yang dekat dengan lokasi keberadaan anjing Anda bisa membantu melaporkannya kepada Anda.

Tak seperti alat pelacak lainnya, Dott yang merupakan dog tag pintar berbasis mesin pelacak ini tak memungut biaya bulanan untuk konektivitas jaringan. Perangkat yang diklaim tahan air dan memiliki daya tahan baterai hingga 6 bulan pemakaian ini bahkan tak memerlukan GPS untuk tracking lokasi sehingga penggunaan tak terbatas pada batas geografis tertentu dan dapat digunakan di mana saja.

Saat ini, Dott sedang melakukan penggalangan dana melalui situs crowdfunding. Kabarnya dana yang diperlukan untuk memproduksi perangkat ini telah terkumpul sehingga jika tak ada halangan maka Dott bakal mulai diluncurkan pada bulan Desember mendatang. Saat diluncurkan nanti, Dott kabarnya akan dibanderol dengan harga Rp357 ribuaan saja.

(brl/red)