Cara sederhana mengatasi laptop yang panas

Cara sederhana mengatasi laptop yang panas

Techno.id - Semua perangkat gadget bila terlalu lama digunakan akan menimbulkan panas, termasuk sebuah laptop. Ya, kebanyakan laptop akan langsung panas bila dipakai untuk bermain game. Biasanya untuk menyiasati hal itu, pengguna akan menempatkan kipas pendingin (cooling pad) di bawah laptop agar laptop tak cepat panas.

Selain kipas pendingin, sebenarnya ada cara sederhana yang dapat menjadikan laptop Anda tak mudah panas. Cara ini tergolong murah karena Anda tak harus membeli sebuah kipas pendingin. Berikut beberapa cara sederhana mengatasi laptop yang panas, sebagaimana yang dilaporkan oleh Wikihow.

Meninggikan dudukan laptop

Laptop cepat panas apabila sirkulasi udaranya tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan sebuah benda di bawah laptop. Benda tersebut bisa berupa buku atau benda padat lainnya, yang penting tidak menghalangi lubang kipas di bawah laptop. Jika buku masih belum bisa mendinginkan laptop, maka Anda dapat menggunakan wadah telur. Wadah telur ini dipercaya dapat mengurangi panas karena memiliki permukaan yang bergelombang, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar.

Cara sederhana mengatasi laptop yang panas

Memberikan alas yang padat

Untuk mengatasi laptop yang cepat panas, Anda bisa menempatkan laptop pada alas yang padat. Pasalnya, alas yang padat seperti meja kayu dan lantai dapat menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Berbeda dengan alas yang lembut seperti sofa, tempat tidur, dan karpet yang justru dapat membuat udara menjadi terperangkap dan akhirnya laptop Anda akan lebih cepat panas.

(brl/red)