Cara akses webcam di beragam OS untuk ambil foto atau video

Cara akses webcam di beragam OS untuk ambil foto atau video

Techno.id - Banyak orang tak menyadari jika sebenarnya webcam bisa digunakan untuk mengambil foto maupun video dengan kualitas yang cukup baik. Bahkan, beberapa orang justru tak mengerti sama sekali bagaimana cara mengakses fitur kamera built-in pada laptop ini.

Nah, berikut ini kami berikan langkah-langkah untuk memudahkan pengguna yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengakses fitur webcam pada laptop maupun PC dari pelbagai OS seperti dikutip dari HowToGeek.

Windows 7

Bagi Anda yang masih menggunakan OS Windows 7 pada laptop maka Anda akan kesulitan mencari aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan pengambilan gambar atau video menggunakan webcam. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memanfaatkan fitur webcam ini.

Bagi Anda pengguna Windows 7, Anda bisa mengakses webcam melalui utilitas yang disarankan oleh sistem operasi tersebut. Cara mengaksesnya adalah dengan mengklik tombol Start lalu webcam atau camera dan carilah utilitas yang sesuai dan disarankan oleh produsen laptop Anda.

Windows 8 dan 8.1

Untuk mengakses aplikasi webcam di laptop yang menjalankan OS versi ini Anda bisa memulainya dengan mencari melalui tombol Windows dan ketik Camera pada search bar yang ada. Setelah ketemu, segera klik pada aplikasi Camera yang dimaksud dan Anda bisa mulai merekam video atau mengambil gambar dengan webcam.

Cara akses webcam di beragam OS untuk ambil foto atau video

(brl/red)