CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 20 Februari 2016 13:00

Berkat Google Cardboard, wanita ini akhirnya dapat melihat lagi

Delapan tahun menderita penyakit Stargardt, wanita ini akhirnya dapat melihat lagi karena bantuan Google Cardboard

Berkat Google Cardboard, wanita ini akhirnya dapat melihat lagi

Techno.id - Cukup jelas bahwa fungsi utama teknologi Virtual Reality (VR) adalah untuk meningkatkan pengalaman bermain video game. Namun siapa sangka jika teknologi ini ternyata juga bermanfaat bagi dunia medis?

Mengutip laman 9to5google (19/02), manfaat ini dirasakan oleh seorang wanita bernama Bonny. Berkat Google Cardboard, ia akhirnya dapat kembali melihat setelah delapan tahun menderita penyakit Stargardt.

Dalam dunia medis, istilah Stargardt merupakan sebuah penyakit kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh matinya sel-sel fotoreseptor pada retina. Seiring berjalannya waktu, penglihatan ini bahkan dapat menghilang seutuhnya.

Menurut sumber tersebut, Bonny menggunakan aplikasi bernama Near Sighted VR Augmented Aid. Pada intinya, cara kerja aplikasi ini adalah memanfaatkan kamera belakang smartphone untuk menciptakan citra stereoskopik.

"Seiring berjalannya waktu, kami rasa kita dapat mengembangkan lebih banyak perangkat atau aplikasi untuk membantu orang-orang yang menderita cacat visual atau mata," tulis deskripsi aplikasi di laman resmi Google Play.

WHAT TO READ NEXT ?