Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Techno.id - Beberapa waktu yang lalu, Asus telah melakukan sebuah terobosan menarik dengan menciptakan ZenPower, yakni power bank pertama di dunia dengan ukuran sebesar kartu kredit. Lebih jauh, apa yang dirasakan ketika menggunakan ZenPower? Serta, bagaimana performa yang ditawarkan?

Hal pertama yang paling mencolok dari power bank ini tentu adalah desainnya. Ukuran kecil sebesar kartu kredit, ketebalan yang sejajar dengan dua tumpuk casing CD, logo Asus di bagian depan, serta balutan bodi alumunium pastinya akan membuat ZenPower terlihat cukup elegan bagi siapa pun.

Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Sedangkan dari sisi tampilan antarmuka, Anda akan menemukan konsep kesederhanaan di power bank mungil ini. Pasalnya, ZenPower hanya menawarkan port kabel bertipe USB saja. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu repot karena hanya memerlukan satu jenis kabel (USB) saja yang tentunya sangat mudah untuk didapatkan.

Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Di sisi atas, Anda akan menemukan tombol power yang dipergunakan untuk menyalakan koneksi power. Selain itu, Anda juga akan menemukan dua port USB besar dan kecil di bagian ini. Nah, bagaimana dengan performanya?

Saat menerima unit Asus ZenPower ini, power indikator menunjukkan dua titik tengah menyala. Jika mengingat power bank ini memiliki total power indikator sebanyak empat titik sebagai penanda baterai terisi penuh 100 persen, maka dua titik kurang lebihnya adalah di kisaran setengahnya atau 50 persen.

Pada charger berkekuatan 12 watt ini, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai lampu indikator menyala sebanyak empat titik dari awal mula dua titik. Saat terisi penuh, power bank ini digunakan untuk mengisi ulang satu unit speaker mobile, iPhone 6 (1810mAh) dari kondisi baterai 16 persen, serta Xiaomi Red Mi 2 (2200mAh)dengan baterai 13 persen.

Setelah semua baterai pada perangkat terisi penuh (100 persen), hebatnya, power bank berkapasitas 10050mAh ini ternyata masih menyisakan power indikator sebanyak dua titik. Meskipun belum mencobanya, namun power indikator sisa sebanyak dua titik diyakini masih mampu mengisi penuh hingga dua baterai smartphone lagi.

Kesimpulan

Desain yang kecil dan ramping serta balutan bodi alumunium membuat Asus ZenPower adalah power bank mini yang cukup elegan. Selain itu, bahan dasar plastik juga membuat power bank ini aman digunakan di mana dan kapan saja karena tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

Bagaimana rasanya mencoba power bank seukuran kartu kredit?

Sementara itu dari sisi kinerja, kemampuan pengisian ulang baterai dari kapasitas sebesar 10.050mAh yang dimiliki oleh power bank ini juga mampu mencapai lima hingga enam perangkat. Mengingat harga yang dibanderol relatif murah yakni sebesar Rp 270.000, rasanya Asus ZenPower patut dimiliki bagi Anda dengan mobilitas tinggi.

(brl/red)