Peneliti telah menemukan power bank fleksibel yang tahan lama

Peneliti telah menemukan power bank fleksibel yang tahan lama

Techno.id - Saat ini, smartphone merupakan kebutuhan wajib bagi semua orang. Saking pentingnya, ponsel pintar ini selalu dibawa ke mana pun mereka pergi. Namun sayang, terkadang smartphone tidak didukung dengan penyuplai daya yang besar. Untunglah, ada temuan baru berupa power bank yang tahan lama dan aman bagi pengguna.

Dilansir Gizmag (9/04/2015), para peneliti di Universitas Stanford telah menciptakan baterai isi ulang yang memungkinkan pengguna lebih cepat dalam melakukan pengisian dan tahan lama. Selain itu, mereka mengatakan bahwa baterai ini lebih murah diproduksi dan diklaim akan menggantikan banyak baterai lithium-ion.

Prototipe baterai aluminium-ion ini begitu aman dan tidak akan mudah meledak. Berbeda dari beberapa kasus baterai lithium-ion lain yang lebih mudah terbakar dan meledak bila sirkuitnya ditusuk.

Pesona baterai ini terletak pada desainnya yang fleksibel berlapis kantong polimer dengan komponen anoda yang terbuat dari aluminium, katoda grafit, dan cairan ionik elektrolit. Ditambah lagi ketahanan baterai ini yang diklaim sanggup digunakan untuk mengisi daya hingga 7.500 siklus tanpa kehilangan kapasitas sama sekali. Selain itu, baterai aluminium ini juga dapat diisi ulang puluhan ribu kali.

"Elektrolit pada dasarnya semacam cairan garam dengan suhu ruangan yang sangat aman," ujar mahasiswa lulusan Universitas Stanford, Ming Gong.

Dari pengujian yang dilakukan, sampai saat ini baterai aluminium ion masih bekerja dengan baik dan belum pernah meledak ataupun terbakar.

Sayangnya, ada yang mengecewakan dari baterai aluminium-ion. Sementara ini, baterai tersebut hanya mampu mengeluarkan tegangan sebesar 2V atau setengah dari tegangan pada baterai lithium-ion. Namun, peneliti berjanji segera memperbaiki kekurangan tersebut agar baterai ini dapat segera dinikmati masyarakat luas.

(brl/red)