Amazon hapus fitur enkripsi pada tabletnya

Amazon hapus fitur enkripsi pada tabletnya

Techno.id - Amazon telah mengumumkan bahwa fitur enkripsi pada tablet Amazon Fire telah dihapus. Menurut perusahaan, para pengguna tidak terlalu senang dengan fitur enkripsi, jadi mereka memutuskan untuk membuangnya saja.

"Pada musim gugur ketika tablet FIre OS 5 dirilis, kami menghapus beberapa fitur enterprise yang tidak digunakan oleh pengguna. Beberapa fitur tersebut antara lain, layanan cloud Amazon dan penggunaan fitur enkripsi, " kata seorang juru bicara Amazon.

Seorang ahli enkripsi yang bernama Bruce Scheneier menyebutkan bahwa tindakan yang dilakukan Amazon dengan menghapus fitur enkripsi merupakan tindakan yang bodoh. Dia juga berharap agar pengguna melakukan protes atas penghapusan fitur tersebut. "Mudah-mudahan, pasar akan memberitahu mereka untuk melakukan tindakan yang sebaliknya, " kata Bruce Scheneier.

Sebenarnya, tindakan yang diambil oleh Amazon memang kurang tepat. Mereka menghilangkan fitur enkripsi hanya karena ada beberapa pengguna yang tidak senang dengan fitur tersebut. Amazon tidak memikirkan pengguna lain yang masih membutuhkan fitur keamanan pada tablet Fire miliknya.

Tak hanya itu, dengan dihapusnya fitur enkripsi pada tablet Amazon Fire maka hacker menjadi lebih leluasa untuk melakukan serangan cyber. Hal ini tentunya juga akan membahayakan pengguna tablet Amazon, seperti yang dilaporkan oleh PhoneArena (3/3/2016).

(brl/red)