10 Cara paling mudah menghemat baterai smartphone

10 Cara paling mudah menghemat baterai smartphone

Techno.id - Kebanyakan smartphone telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Namun, hal itu tidak menjamin smartphone Anda akan awet digunakan seharian. Smartphone Anda bisa saja kehabisan daya baterai di saat Anda benar-benar membutuhkannya. Namun, sebenarnya terdapat banyak cara untuk menghemat baterai smartphone.

Berikut 10 cara menghemat baterai smartphone:

1. Meredupkan tingkat kecerahan layar
Kebanyakan dari Anda mungkin tidak memperhatikan seberapa terang cahaya pada layar smartphone. Smartphone dengan tampilan layar yang cerah memang terlihat menarik tetapi dapat menguras daya baterai lebih cepat.

Lebih baik layar smartphone dibuat redup, tapi tampilan layar tetap terlihat jelas. Sebaiknya Anda tidak mengaktifkan fitur 'auto brightness' karena akan menggunakan sensor cahaya yang menyedot baterai.

2. Mengatur mode sleep
Layar smartphone yang menyala terlalu lama juga dapat menjadikan baterai boros. Anda dapat mengatur cahaya layar ponsel agar cepat padam menggunakan mode sleep. Anda bisa memilih berapa lama layar akan menyala, semakin singkat semakin baik.

3. Menonaktifkan semua koneksi ke perangkat lain
Smartphone yang beredar di pasaran telah dibekali berbagai fitur bertukar file yang canggih, seperti bluetooth, NFC, dan Wi-Fi. Semua fitur tersebut akan mengambil daya baterai Anda lebih banyak sehingga baterai Anda menjadi cepat habis.

Sebaiknya fitur untuk bertukar file tersebut dimatikan saja dan dinyalakan apabila diperlukan.

4. Menggunakan fitur penghemat baterai bawaan
Fitur penghemat baterai ini telah tersedia pada beberapa jenis smartphone. Dengan fitur ini Anda dapat mengatur aplikasi yang dapat tetap berjalan pada background agar lebih menghemat daya baterai.

Seperti fitur penghemat daya di smartphone Sony yang mempunyai 'mode stamina'. Fitur ini akan memutus koneksi data apabila layar mati. Namun, Anda dapat menentukan aplikasi yang tetap menjalankan koneksi data walau layar mati.

5. Menonaktifkan GPS
GPS sangat berperan dalam menunjukkan suatu wilayah. GPS mencari lokasi dengan menghubungkan perangkat Anda ke satelit. Koneksi tersebut yang menjadikan smartphone bekerja keras dan menguras baterai lebih cepat.

Jadi alangkah baiknya jika Anda mematikan saja fitur GPS bila tidak digunakan.

(brl/red)