Samsung Galaxy S23 series gunakan interface OneUI 5.1, ini fitur yang dibawanya

Samsung Galaxy S23 series gunakan interface OneUI 5.1, ini fitur yang dibawanya

Fitur OneUI 5.1.

Samsung Galaxy S23 series gunakan interface OneUI 5.1, ini fitur yang dibawanya

foto: Gsmarena.com

Kamera.

Update kamera di OneUI 5.1, yaitu menambahkan fitur baru untuk memudahkan pengguna dalam mengubah rona warna saat mengambil selfie. Fitur ini dapat diakses dengan menggunakan tombol Efek yang terletak di sisi layar.

Selain itu, terdapat aplikasi Expert RAW, fungsinya untuk mengambil gambar berkualitas tinggi. Hal ini dapat dilakukan tanpa pemrosesan atau kompresi apa pun juga diakses lebih mudah melalui menu Advanced.

Galeri.

1. Fitur Album Keluarga Bersama.

Fitur ini memungkinkan berbagi foto dengan keluarga menjadi lebih mudah dari yang sebelumnya. Aplikasi Galeri akan merekomendasikan agar menambahkan foto ke album keluarga bersama, dengan cara mengenali wajah anggota keluarga. Setiap anggota keluarga juga akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB, dengan maksimal 6 orang anggota keluarga yang dapat bergabung.

2. Pemrosesan otomatis.

Galeri mampu menghilangkan bayangan dan refleksi untuk membuat foto pengguna terlihat lebih baik. Terdapat kemampuan untuk menciptakan ulang GIF dengan resolusi dan ketajaman yang lebih baik.

3. Tampilan informasi nyaman.

Saat melihat foto maupun video di Galeri, pengguna dapat melihat informasi seperti tanggal dan lokasi diambil, perangkat yang digunakan, lokasi penyimpanan, dan lainnya dengan hanya mengusap layar ke atas.

4. Pencarian lebih efektif.

Pengguna akan bisa mencari lebih dari satu orang atau item sekaligus. Pengguna bahkan dapat mencari orang tanpa menandai namanya, hanya dengan mengklik wajah mereka.

5. Fitur lokasi untuk screenshot.

Pengguna dapat menyimpan tangkapan layar dan rekaman layar di folder yang mereka pilih dengan mengatur di fitur lanjutan.

AR Zone and AR Emoji

1. Tambahkan 3 Emoji di Kamera Emoji AR.

Pengguna dapat membuat video bersama teman dengan menggunakan topeng sesuai keinginan mereka. Fitur ini dapat mengganti wajah teman-temannya dengan karakter lain dengan mengklik emoji.

2. Peningkatan pada tata letak dan editing di AR Doodles.

Terdapat fitur kuas di layar utama AR Doodle untuk proses editing yang lebih cepat. Pengguna dapat mengubah ukuran dan memindahkan gambar setelah membuatnya, dan terdapat tools penghapus yang memungkinkan mereka untuk menghapus sebagian gambar tanpa menghapusnya sepenuhnya.

Samsung Galaxy S23 series gunakan interface OneUI 5.1, ini fitur yang dibawanya

foto: Samsung.com

Widget

1. Widget baterai baru.

Widget baterai di OneUI 5.1, dapat memeriksa tingkat baterai perangkat. Bahkan tampilan langsung dari layar utama, pengguna dapat melihat berapa banyak baterai yang tersisa di smartphone, Galaxy Buds, Galaxy Watch, dan perangkat lain.

2. Widget Cuaca Intuitif.

Terdapat gaya ilustrasi baru dan ringkasan kondisi cuaca saat ini pada OneUI 5.1. Dengan widget ini membuat mudah bagi pengguna untuk mengetahui informasi cuaca, apakah cerah, berawan, hujan atau salju.

Mode dan Skenario

1. Wallpaper yang berbeda tergantung mode

Pengguna dapat mengatur wallpaper yang berbeda pada layar kunci dan layar utama tergantung pada kegiatan terkini. Pengguna dapat mengatur latar belakang untuk bekerja, satu untuk olahraga, dan lainnya dengan mengatur mode yang berbeda.

2. Mode tindakan lebih banyak.

Fitur Skrip akan secara otomatis pengguna menyalakan mode pesawat atau hotspot mobile. Skrip dapat membuka beberapa aplikasi, menyesuaikan keseimbangan audio kiri/kanan, dan lainnya. Bahkan, saat ini pengguna bisa mengontrol Quick Share dan sensitivitas sentuh serta mengubah nada dering dan gaya font.

Samsung DeX.

Samsung DeX yang diterapkan dalam OneUI 5.1, menawarkan fitur multitasking yang lebih baik. Dalam mode split screen, pengguna dapat menyeret pembagian layar di tengah layar untuk mengubah ukuran kedua jendela. Pengguna juga dapat menempelkan jendela ke salah satu sudutnya sehingga hanya menempati sepertiga dari layar.

Itulah beberapa fitur yang diterapkan dalam OneUI 5.1. Tentu dengan pembaruan tersebut, pengguna akan semakin dipermudah dalam menggunakan perangkat tersebut dari Samsung Galaxy seri terbaru.

(brl/guf)