Qualcomm siap luncurkan Snapdragon 8 Gen 3 Oktober mendatang

Qualcomm siap luncurkan Snapdragon 8 Gen 3 Oktober mendatang

Techno.id - Qualcomm dikabarkan akan segera meluncurkan chipset seri Snapdragon 8 Gen berikutnya, yaitu Snapdragon 8 Gen 3, Oktober mendatang. Bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa perangkat seperti Xiaomi 14, OnePlus 12, seri Samsung Galaxy S24, Vivo X100, dan seri iQOO 12 bakal menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Menjelang peluncuran resminya, rincian SoC Snapdragon 8 Gen 3 bocor berkat daftar Geekbench baru. Smartphone Nubia Red Magic 9 yang akan datang dengan model NX769J dan Snapdragon 8 Gen 3 telah muncul di Geekbench. Daftar benchmark tersebut mengungkap hasil pengujian single-core, multi-core, serta kecepatan clock berbagai core dan rincian GPU Snapdragon 8 Gen 3.

Berdasarkan hasil daftar Geekbench Nubia Red Magic 9 pertama kali yang dibagikan tipster ternama Digital Chat Station di Weibo yang dilansir mysmartprice.com, Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki satu inti utama (Cortex-X4) dengan clock 3.19GHz, lima inti performa dengan clock 2.96GHz (Cortex-A720), dan dua inti efisiensi (Cortex-A520) dengan clock 2.27GHz.

Qualcomm siap luncurkan Snapdragon 8 Gen 3 Oktober mendatang foto: beartai.com

Daftar tersebut juga mengungkapkan bahwa chipset tersebut akan didukung GPU Adreno 750. Kabar sebelumnya menyebutkan bahwa GPU Adreno 750 akan dioperasikan pada 1.00GHz, yang merupakan frekuensi 45% lebih tinggi dari GPU Adreno 740 yang memiliki frekuensi 689MHz. Daftar benchmark juga menunjukkan bahwa Nubia RedMagic 9 telah berhasil meraih 1596 dan 5977 poin dalam pengujian single-core dan multi-core.

Selain itu, Digital Chat Station juga menyebutkan bahwa ini adalah versi reguler dari chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang mengindikasikan bahwa mungkin ada versi plus dari SoC yang sedang dikerjakan. Digital Chat Station juga mengungkapkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 akan lebih mahal mengingat chipset ini diperkirakan akan diproduksi menggunakan proses N4P 4nm TSMC.

Karena itu menurut Tipster Digital Chat Station, banyak produsen akan terus menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 atau chipset Dimensity dari MediaTek untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Qualcomm dikabarkan akan meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 saat menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi Qualcomm Snapdragon yang digelar 24-26 Oktober di Maui, Hawaii.

(brl/red)