GPU gaming pertama di dunia berbekal logam cair, begini performa ROG Matrix GeForce RTX 4090

GPU gaming pertama di dunia berbekal logam cair, begini performa ROG Matrix GeForce RTX 4090

Techno.id - Dalam gelaran expo teknologi di Taiwan, Computex, Asus mengumumkan kartu grafis mereka ROG Matrix GeForce RTX 4090 GPU. Kartu grafis ini merupakan perangkat terbaru dari rangkaian seri RTX 2080 Ti.

Dirangkum techno.id dari ROG ASUS, Sabtu (3/6), ROG Matrix GeForce RTX 409 diklaim sebagai kartu grafis dengan clock boost tertinggi yang pernah ada. Perangkat ini didesain menggunakan coldplate yang secara khusus akan meredam panas dari GPU RTX 4090, VRM, dan chip memori.

Kartu ini memiliki ruang lebih untuk meningkatkan clock lebih tinggi dan lebih lama. Faktanya ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga menjadi yang pertama dalam seri ROG dengan menggunakan komponen thermal logam cair.

Teknologi pendingin tercanggih

GPU gaming pertama di dunia berbekal logam cair, begini performa ROG Matrix GeForce RTX 4090 foto: rog.asus.com

Logam cair sendiri adalah material antarmuka termal yang luar biasa, menghasilkan suhu yang jauh lebih rendah dibanding pasta termal umumnya. Namun konsekuensi lain dari penggunaanya adalah konduktivitas listrik.

Jika tidak diproses sebagaimana mestinya, logam cair dapat bersentuhan dengan komponen yang terbuka dan berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek (korsleting). Namun kondisi ini telah diantisipasi Asus dengan memproduksi paten yang aman untuk mendayagunakan kekuatan logam cair sambil tetap memaksimalkan pemasangan GPU dalam kondisi vertikal.

Tak hanya logam cair, ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga dilengkapi radiator kustom berukuran 360mm yang lebih tebal, didukung tiga kipas ROG MF-12S ARGB. Kipas-kipas ini dapat dihubungkan secara beruntun dengan konektor magnetik yang menghubungkan kipas-kipas dan mentransmisikan sinyal kontrol dan daya.

Pemasangan dan pengelolaan kabel akan menjadi lebih mudah karena hanya memerlukan satu kabel untuk ketiga kipas ini. Lalu efek pencahayaan ARGB terkoordinasi dengan mudah. Dengan tekanan statis yang tinggi dan aliran udara yang baik, kipas-kipas ini berputar dengan kecepatan kurang dari 1000 RPM untuk menjaga suhu GPU tetap pada 60C dengan TGP 450W. Tidak perlu lagi mengorbankan daya, performa, atau akustik.

Desain yang berani dan modern

GPU gaming pertama di dunia berbekal logam cair, begini performa ROG Matrix GeForce RTX 4090 foto: rog.asus.com

Dilengkapi penggunaan Aura Lighting yang tidak langsung untuk pertama kalinya, ROG Matrix GeForce RTX 4090 juga memiliki ruang tersembunyi, dengan coldplate utama, PCB, dan penutup pompa dilindungi bodi aluminium yang lebih besar.

Branding ROG berani menghiasi sasis, dengan lightbars di rongga tengah dan bagian atas kartu. Backplate stainless steel menjaga kartu tetap aman, baik jika dipasang secara tradisional maupun vertikal untuk memperlihatkan keindahannya.

Sebagai kartu flagship, ROG Matrix RTX 4090 dilengkapi saklar Dual BIOS, yang memungkinkan performa beralih dengan lancar antara mode Quiet dan Performance.

Diproduksi dengan proses manufaktur Auto Extreme, seluruh PCB disolder dalam satu kali proses otomatis. Cara ini untuk mengurangi biaya dan menghilangkan kebutuhan akan bahan kimia pembersih yang keras di antara proses penyolderan. ROG Matrix GeForce RTX 4090 dibangun dengan komponen berkualitas terbaik, menjamin kinerja puncak selama masa pakai kartu.

(brl/red)