Google Meet tambah fitur deteksi gerakan mengangkat tangan, ini fungsi dan cara menggunakannya  

Google Meet tambah fitur deteksi gerakan mengangkat tangan, ini fungsi dan cara menggunakannya  

Techno.id - Jika kamu menggunakan Google Meet untuk melakukan panggilan video, ada fitur baru yang dapat kamu coba. Sekarang kamu dapat menggunakan gerakan tangan untuk mengangkat tangan selama panggilan video Google Meet, alih-alih mengeklik ikon angkat tangan.

Bagi yang belum tahu, fitur Angkat Tangan di Google Meet digunakan sebagai sinyal non-verbal untuk memberi tahu penyelenggara rapat dan peserta lain bahwa kamu ingin berbicara atau mengajukan pertanyaan. Fitur ini adalah padanan digital dari cara seseorang mengangkat tangan saat duduk di dalam grup.

Jika ada moderator dalam rapat, mereka akan diberitahu ketika ada yang mengangkat tangan. Moderator memiliki izin untuk menerima atau menolak permintaan angkat tangan dalam panggilan video. Dengan gerakan Google Meet yang baru ini, kamu dapat menunjukkan tangan di depan kamera dengan telapak tangan menghadap ke arah kamera.

Google Meet tambah fitur deteksi gerakan mengangkat tangan, ini fungsi dan cara menggunakannya foto: freepik/tirachardz

Cara ini mirip ketika kamu menggunakan gerakan tangan untuk memicu reaksi emoji dalam panggilan video FaceTime di iOS 17, iPadOS 17, dan macOS 14 Sonoma. Misalnya, kamu dapat membuat bentuk hati menggunakan kedua tangan untuk membuat emoji hati atau jempol ke bawah dengan kedua tangan.

Google mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa gerakan mengangkat tangan hanya akan berfungsi jika kamu bukan pembicara aktif dalam rapat. Fitur ini dinonaktifkan secara default dan kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka Opsi Lainnya > Reaksi > Gerakan Angkat Tangan.

Google Meet tambah fitur deteksi gerakan mengangkat tangan, ini fungsi dan cara menggunakannya foto: freepik

Gerakan angkat tangan baru ini diluncurkan ke berbagai tingkatan Google Workspace, termasuk Google Workspace Business Plus, Business Standard, Enterprise Essentials, Enterprise Plus, Enterprise Standard, Enterprise Starter, Education Plus, pelanggan Google Workspace Upgrade, dan pelanggan Google Workspace Individual.

Google Meet telah mendapatkan beberapa fitur baru dalam beberapa bulan terakhir seperti mode berkendara On-The-Go, dukungan panggilan video 1080p, moderasi tanya jawab, dan lain sebagainya. Raksasa pencarian ini juga memperbarui Google Drive dan menambahkan tampilan tugas layar penuh ke Google Calendar.

(brl/red)