Samsung luncurkan komputer All-in-one dengan desain mirip Apple iMac, intip spesifikasinya

Samsung luncurkan komputer All-in-one dengan desain mirip Apple iMac, intip spesifikasinya

Techno.id - Samsung memperkenalkan komputer desktop All-in-one terbaru mereka, DM530AFA-LC71W yang memiliki desain tak kalah menarik dari Apple iMac. Selain itu, komputer ini memiliki spesifikasi yang dapat bersaing dengan Apple iMac. Bahkan komputer ini digadang-gadang punya kelebihan dari iMac yaitu karena bisa diupgrade.

Melansir dari laman resmi Samsung, perangkat ini menggunakan prosesor generasi terbaru Intel Core i7-1360P. Prosesor ini memiliki CPU dengan total 12 core yang terdiri dari 4 P-Core (Performance-cores) dan 8 E-Core (Efficient-cores).

Prosesor dengan penggunaan daya maksimum 64W ini memiliki clock speed hingga 5Ghz. Dilansir dari notebookcheck, prosesor ini memiliki performa yang mirip dengan Intel Core i7-1270P. Performanya sangat cocok untuk penggunaan berat.

Dari sektor GPU (Graphical Processing Unit), komputer ini menggunakan GPU yang terintregasi dengan prosesor (iGPU)yakni Intel Iris Xe Graphics. Di mana iGPU ini memiliki 96 execution unit dan berkecepatan 1.50GHz. Intel Iris Xe juga mendukung output hingga resolusi 8k (7680 x 4320 pixels).

Samsung DM530AFA-LC71W memiliki layar yang cukup besar yaitu 23.8-inch. Layar yang menggunakan teknologi LED display ini memiliki resolusi Full-HD (1920 x 1080 pixels).

Samsung luncurkan komputer All-in-one dengan desain mirip Apple iMac, intip spesifikasinya foto: samsung.com

Samsung melengkapi prosesor Intel i7-1360P tersebut dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB dengan konfigurasi dual-channel. Samsung mengklaim bahwa kapasitas RAM ini masih dapat ditambah dengan cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka service-panel yang terdapat di belakang komputer ini.

Samsung tidak merilis kapasitas RAM maksimal komputer ini. Namun, menurut spesifikasi Intel i7-1360P, prosesor tersebut mendukung memori hingga kapasitas 64GB. Maka dari itu kapasitas RAM Samsung DM530AFA-LC71W kemungkinan dapat ditambah hingga 64GB.

Dari segi penyimpanan internal, Samsung DM530AFA-LC71W menggunakan SSD M.2 NVMe berkapasitas 512GB secara standar. SSD tersebut tetap dapat diganti dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu Samsung juga menyediakan satu slot tambahan untuk HDD 2.5-inch sebanyak satu buah.

Samsung luncurkan komputer All-in-one dengan desain mirip Apple iMac, intip spesifikasinya foto: samsung.com

Pada segi konektivitas, Samsung DM530AFA-LC71W menyediakan 3 port USB 3.1, 1 USB 2.0, dan 1 USB type-c. Komputer ini juga menyediakan port HDMI in dan juga out, ethernet, card-reader, dan juga 3.5mm headphone jack. Secara konektivitas, Samsung DM530AFA-LC71W dapat dikatakan cukup lengkap.

Estetika dari Samsung DM530AFA-LC71W memang cukup menarik. Komputer berdimensi 539.74 x 37.8 x 342.61 mm ini memiliki desain yang simpel dan elegan. Kendati tidak setipis iMac mengingat perbedaan prosesor yang digunakan. Walau demikian, Samsung DM530AFA-LC71W memiliki hal yang tidak dimiliki iMac yaitu kemampuan untuk diupgrade.

Komputer All-in-one dari Samsung ini bahkan dapat dengan mudah mengalahkan iMac dalam aspek tertentu.

Samsung luncurkan komputer All-in-one dengan desain mirip Apple iMac, intip spesifikasinya foto: samsung.com

Samsung DM530AFA-LC71W saat ini baru diluncurkan di Korea Selatan saja. Belum ada informasi resmi apakah komputer All-in-one ini akan dipasarkan oleh Samsung secara global.

Lantas bagaimana dengan harganya? Perangkat ini dibandrol dengan harga 1,24 juta won (atau sekitar Rp13,5 jutaan) untuk versi Core i3 sedangkan versi Core i7 dijual seharga 1,72 juta won (atau sekitar Rp18,8 jutaan).

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)