Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2, lebih kencang dan efisien

Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2, lebih kencang dan efisien

Techno.id - Qualcomm bulan ini merilis chipset terbaru mereka, Snapdragon 7+ Gen 2. Chipset yang menjadi suksesor Snapdragon 7 Gen 1 ini mengalami banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya. Salah satunya, chipset ini dapat mendukung Random Access Memory hingga kapasitas 16GB.

Dirancang sebagai chipset untuk smartphone kelas mid-range, Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 tentunya tidak akan memiliki performa di atas Snapdragon 8 series. Menurut Qualcomm, Snapdragon 7+ Gen 2 mengalami peningkatan performa sebanyak 50%. Selain itu, Qualcomm juga mengklaim bahwa Snapdragon 7+ Gen 2 mengalami peningkatan pada efisensi sebesar 13%.

Snapdragon 7+ Gen 2 menggunakan CPU Qualcomm Kryo. CPU ini merupakan CPU 8-core yang terdiri dari 1 core utama (berbasis Arm Cortex X2), 3 core untuk performa (berbasis Arm Cortex A710), dan 4 core untuk efisensi (berbasis Arm Cortex A510). Masing-masing core dalam CPU ini memiliki kecepatan yang berbeda-beda di mana core utama memiliki kecepatan tertinggi yaitu hingga 2.91GHz. Performa dari CPU ini diklaim Qualcomm, mengalami peningkatan sebesar 50% dibanding CPU generasi sebelumnya.

Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2, lebih kencang dan efisien (Foto: gsmarena)

GPU pada chipset ini juga mengalami peningkatan performa. GPU Qualcomm Adreno ini diklaim Qualcomm memiliki performa dua kali lebih baik dari sebelumnya. Chipset ini juga memiliki performa kecerdasan artifisial (AI) yang lebih baik dari Snapdragon 7 Gen 1.

Qualcomm AI Engine pada chipset ini memiliki performa AI dua kali lebih baik dari Snapdragon 7 Gen 1. Snapdragon 7+ Gen 2 juga memiliki Qualcomm Sensing Hub yang mampu melacak kegiatan dan lingkungan pengguna. Selain itu, Qualcomm AI Engine juga mendukung fitur Video Super Resolution yang dapat menjernihkan gambar.

Qualcomm juga memperhatikan aspek gaming pada chipset ini. Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming. Fitur ini terdiri dari Auto Variable Rate Shading. Fitur ini bekerja dengan merender bagian yang sedang difokuskan pada resolusi tinggi dan merender bagian lainnya dengan resolusi yang lebih rendah. Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan daya dan performa dan menjaga efisiensi.

Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2, lebih kencang dan efisien (Foto: YouTube/Android Authority)

Snapdragon 7+ Gen 2 juga memiliki Image Signal Processor (ISP) baru, Qualcomm Spectra Tripl. ISP ini dapat mengambil gambar dari tiga kamera beresolusi 32MP sekaligus dan mengambil gambar dari kamera tunggal hingga resolusi 200MP. Qualcomm Spectra Triple juga mampu mengambil foto dalam format 18-bit RAW. Selain itu, Chipset ini juga sudah mendukung perekaman video hingga resolusi 4K High Dynamic Range (HDR) pada 6o FPS.

Snapdragon 7+ Gen 2 akan segera hadir dalam beberapa waktu mendatang. Saat ini, baru dua smartphone yang dikonfirmasi akan menggunakan chipset ini yaitu Redmi Note 12 Turbo dan Realme GT Neo 5 SE.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)