Intel dikabarkan sedang menyiapkan prosesor 120 Core, CPU ganas generasi terbaru

Intel dikabarkan sedang menyiapkan prosesor 120 Core, CPU ganas generasi terbaru

Techno.id - Intel dikabarkan sedang mempersiapkan generasi terbaru Intel seri Xeon. Seri prosesor Intel yang digunakan untuk penggunaan server dan workstation tersebut dikabarkan akan memiliki core dengan jumlah dua kali lebih banyak dari yang terdapat pada Intel Xeon yang ada sekarang.

Dilansir dari techradar, Central Processing Unit (CPU) terbaru dari Intel Xeon, Granite Rapids yang merupakan Intel Xeon generasi keenam akan memiliki 120 core. Angka yang menakjubkan mengingat prosesor Intel tertinggi saat ini yaitu Intel Xeon Platinum 8490H hanya memiliki 60 Core.

Core CPU ganas tersebut dikabarkan bakal menggunakan arsitektur Redwood Cove. Seperi dilansir hardwaretimes, arsitektur ini mungkin bukan benar-benar baru melainkan sebuah revisi dan pembaruan dari Intel Xeon saat ini. Sementara globalvillagespace menyebutkan, Redwood Cove yang digunakan pada CPU ini akan menggunakan core untuk performa perangkat, berbeda dengan core untuk efisiensi yang akan digunakan pada produk Intel lain yang bernama Sierra Forrest.

Nah 120 Core pada CPU ini akan memiliki TDP mencapai 500W. Angkat tersebut hampir setengah kali lebih besar dari TDP Intel Xeon Platinum 8490H yang hanya sebesar 350W. CPU ini juga dikabarkan akan menggunakan socket baru berkode BR dengan 7529 Pins. Dilansir wccftech, CPU terbaru intel ini dikabarkan akan rilis setidaknya pada tahun 2024.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)