AMD luncurkan Ryzen 5 5600X3D, prosesor gaming dengan harga terjangkau

AMD luncurkan Ryzen 5 5600X3D, prosesor gaming dengan harga terjangkau

Techno.id - Jika kamu mencari prosesor gaming dengan harga terjangkau, Ryzen 5 5600X3D bisa jadi pilihan. Sayangnya, prosesor yang dibanderol seharga USD229 atau sekitar Rp 3,4 jutaan ini sampai saat ini baru beredar di Amerika Serikat.

Meskipun prosesor ini berada di bawah pendahulunya, Ryzen 7 5800X3D, namun prosesor ini dapat meningkatkan pengalaman bermain game secara signifikan. Sebab, prosesor ini hadir dengan enam-core 12-thread yang menampilkan kecepatan clock dasar 3,3GHz dan kecepatan yang ditingkatkan hingga 4,4GHz.

Seperti dilansir windowscentral.com, prosesor ini juga dilengkapi cache L3 sebesar 96MB, memanfaatkan teknologi 3D V-Cache AMD, seperti yang juga terlihat pada Ryzen 7 5800X3D, yang telah terbukti dapat meningkatkan performa game dengan meningkatkan cache pada prosesor.

AMD luncurkan Ryzen 5 5600X3D, prosesor gaming dengan harga terjangkau foto: amd

Seperti pendahulunya, konsumsi daya entry ini juga dinilai pada 105 watt. Namun, perlu dicatat bahwa produk ini tidak disertakan dengan pendingin. Jadi kamu harus membelinya secara terpisah untuk menghindari kemungkinan laptop menjadi terlalu panas.

AMD Ryzen 5 5600x3D dibuat berdasarkan arsitektur Zen 3 dan merupakan bagian dari jajaran AM4 AMD, yang merupakan pelengkap yang bagus untuk pengguna dengan motherboard Socket AM4 yang lebih tua yang ingin meningkatkan pengalaman bermain game mereka.

Sampai saat ini belum ada kabar apakah prosesor ini bakal beredar secara global termasuk di Indonesia? Kita tunggu saja.

(brl/red)