AMD Ryzen 7 7800X3D vs Intel Core I7-13700K, mana yang memiliki performa gaming lebih baik?

AMD Ryzen 7 7800X3D vs Intel Core I7-13700K, mana yang memiliki performa gaming lebih baik?

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika Intel dan AMD ibarat musuh bebuyutan di pasar chipset. Persaingan keduanya pun sudah berlangsung lama. Bahkan menurut investopedia, kompetisi Intel dan AMD sudah berlangsung separuh abad.

Sejak 50 tahun lalu, kedua manufaktur ini saling berkompetisi dalam mengembangkan produk microprosesor. Menghasilkan microprosesor yang semakin cepat, andal, dan tentu saja berteknologi paling mutakhir.

Pada periode 2005 hingga 2015, AMD seakan mengalami kekalahan telak atas Intel. Melansir dari digitaltrends, Intel berhasil mempertahankan eksistens kuat dalam performa prosesor flagship pada periode tersebut. Hal ini membuat Intel unggul dalam pasar prosesor komputer.

AMD Ryzen 7 7800X3D vs Intel Core I7-13700K, mana yang memiliki performa gaming lebih baik? foto: amd.com/intel.com

Namun keadaan berbalik pada 2017 ketika AMD meluncurkan seri Ryzen. Seperti membalas, prosesor yang dibuat dengan arsitektur baru ini membuat Intel kalah telak. Baik dalam performa maupun dalam penjualan. Melansir techradar, pada tahun 2020 AMD berhasil menjual 35.000 unit AMD Ryzen 5 dan Ryzen 3 sedangkan Intel hanya menjual 5.000 unit prosesor mereka.

Kemenangan AMD tak lepas dari performa AMD Ryzen yang lebih kuat pada aspek pemrosesan multi-core. Selain itu, AMD juga menawarkan AMD Ryzen dengan harga yang kompetitif, bahkan mungkin agresif.

AMD Ryzen juga dianggap lebih baik dan andal ketika digunakan untuk gaming. Namun persaingan prosesor flagship dari dua manufaktur kembali imbang saat ini. Terlebih ketika Intel merilis prosesor Intel Core I7 generasi ke-13.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)