7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa

7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa

Techno.id - Bagi sebagian orang, mengetik menggunakan keyboard bawaan di perangkat Android mungkin sudah cukup. Tapi bagi sebagian lainnya bisa jadi kurang nyaman.

Apalagi jika kamu termasuk orang yang ingin mencari kecepatan pengetikan yang lebih baik, tema unik, teks prediktif tingkat lanjut, atau dukungan emoji yang disempurnakan.

Tentu keyboard bawaan ponsel kamu kurang memadai. Tapi tenang saja. Kamu bisa mengandalkan aplikasi keyboard pihak ketiga yang bisa kamu benamkan di dalam ponsel. Berikut ini adalah daftar aplikasi keyboard terbaik untuk perangkat Android yang memenuhi setiap selera dan preferensi.

1. Gboard

7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa foto: play.google

Jika kamu mencari papan ketik Android yang mendukung dalam semua aspek, cobalah Gboard dari Google. Gboard adalah keyboard default di Android jika kamu memiliki ponsel Pixel. Sebagai solusi bawaan, kamu mungkin mengira Gboard adalah papan ketik biasa, tetapi sebenarnya tidak. Sebagai permulaan, Gboard mendukung berbagai metode input, termasuk pengetikan biasa, meluncur, tulisan tangan, pengetikan suara, dan bahkan kode Morse.

Selain itu, keyboard ini memiliki banyak fitur berguna untuk kebutuhan pengetikan, termasuk teks prediktif, papan klip, dukungan terjemahan, koreksi otomatis, kamus khusus, saran emoji, berbagai bahasa dan tata letak, mode satu tangan, GIF, stiker, dan emoji. Kamu juga akan menemukan fitur yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, seperti kemampuan untuk menjadwalkan pesan dan membuat stiker khusus di aplikasi Pesan.

Jika menyukai kustomisasi, Gboard memungkinkan kamu untuk menyesuaikan ukuran dan tema papan ketik. Dengan banyak fitur yang dapat digunakan, kamu perlu menyesuaikan berbagai pengaturan Gboard untuk pengetikan yang lebih baik.

2. Grammarly

7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa foto: play.google

Grammarly adalah papan ketik solid untuk Android. Grammarly didedikasikan untuk memastikan bahwa tulisan kamu benar secara tata bahasa. Papan ketik ini menggunakan mesin luar biasa untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca secara real time.

Sebagai salah satu aplikasi pemeriksa tata bahasa terbaik untuk Android, aplikasi ini wajib dimiliki jika kamu sering menulis pesan dan email formal di smartphone.

Grammarly juga bukan hanya sekadar asisten menulis. Aplikasi ini juga merupakan salah satu keyboard Android terbaik karena fungsinya. Aplikasi ini melakukan semua hal mendasar dengan benar, mulai dari pengetikan prediktif hingga ukuran papan ketik khusus, emoji, stiker, GIF, berbagai tata letak papan ketik, dan dukungan untuk berbagai bahasa.

3. Microsoft SwiftKey

7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa foto: play.google

Microsoft SwiftKey sudah ada sejak lama. Perbaikan yang terus menerus dari Microsoft ini menjadikannya salah satu keyboard terbaik di Android. Keyboard ini memiliki dukungan multibahasa dengan lebih dari 700 bahasa untuk memastikan pengguna dari seluruh penjuru dunia bisa menggunakannya.

Fitur dasar lainnya seperti koreksi otomatis, pengetikan prediktif, penyesuaian ukuran dan tema, emoji, stiker, dan GIF juga tersedia. Namun, SwiftKey memiliki beberapa trik yang membuatnya menonjol.

Pertama, papan klip bawaannya memiliki fitur cloud yang memungkinkan kamu menyalin dan menempelkan teks antara ponsel dan perangkat Windows. Kedua, kamu bisa membuat tugas dari papan ketik, dan tugas tersebut akan disimpan ke aplikasi Microsoft To-Do, sehingga kamu bisa mengelolanya dari sana. Satu-satunya kendala adalah beberapa fitur ini mengharuskan kamu untuk login.

4. Typewise

7 Aplikasi keyboard untuk perangkat Android, bisa mengetik lebih cepat hingga mengoreksi tata bahasa foto: play.google

Tidak seperti keyboard sebelumnya dalam daftar ini, Typewise ditargetkan untuk mereka yang membutuhkan keyboard dengan tata letak non-standar. Typewise menggunakan tata letak segi enam, membuat tuts 70% lebih besar dan lebih mudah ditekan. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang membutuhkan keyboard Android dengan tombol yang lebih besar daripada tata letak QWERTY atau QWERTZ standar.

Jika kamu menguasai tata letak ini, kamu akan mengalami lebih sedikit kesalahan pengetikan. Tetapi jika kamu ingin tetap menggunakan tata letak normal, tersedia juga pilihannya.

Typewise juga memiliki dukungan gerakan yang meningkatkan pengalaman mengetik secara keseluruhan. Misalnya, geser ke atas akan menggunakan huruf besar, geser ke kiri akan menghapus, dan geser ke kanan akan mengembalikan huruf yang dihapus. Koreksi otomatis, beberapa tata letak, dan penyesuaian (font, tema, dan kamus pribadi) juga didukung aplikasi ini.

Seperti Gboard dan SwiftKey, Typewise juga mempelajari gaya penulisan kamu untuk memberikan saran kata yang dipersonalisasi. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah beberapa fitur mengharuskan kamu membayar untuk versi Pro.

(brl/red)