7 Keunggulan dan harga tablet gaming Asus ROG Flow Z13, fitur lengkap

image

Techno.id - Saat ini bermain game cukup mudah dilakukan oleh siapa aja. Bahkan ada banyak perangkat yang dapat digunakan untuk bermain game Dari mulai smartphone hingga perangkat PC yang mampu melibas berbagai permainan. Terlebih ada beberapa vendor yang mengeluarkan seri perangkat khusus gaming.

Salah satu brand kuat yang menghadirkan berbagai produk khusus gaming adalah Asus. Perusahaan tersebut mempunyai divisi khusus untuk merakit perangkat gaming dengan nama Republic Of Gamers atau sering dikenal ROG. Sudah lama ROG selalu memberikan komponen perangkat untuk mendukung para gamers bermain game dengan maksimal. Terbaru mereka telah meluncurkan tablet gaming Asus ROG Flow Z13 pada event Consumer Electronics Show (CES) 2022.

Bermain game dengan tablet tentu tidak kalah seru. Terlebih perangkat tersebut dapat dibawa kemana saja. Asus ROG Flow Z13 mempunyai fitur cukup lengkap untuk bermain game, dan berbagai kegunaan lainnya. Pada kesempatan ini Senin (18/4) techno.id akan memberikan 7 Keunggulan dari Asus ROG Flow Z13 spesial untuk para player gamers sejati.

1. Bodi ringkas.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Asus ROG Flow Z13 mempunyai ukuran tablet gaming cukup ringkas dengan segala komponen yang dimiliki. Perangkat tersebut hanya mempunyai bobot 1.1 kg dengan ketebalan 12 mm. Kemudian asus memberikan kickstand pada bagian belakang bodi agar perangkat dapat diposisikan secara berdiri. Tablet ini juga diberikan aksesoris keyboard secara terpisah dari perangkat. Asus juga memberikan port cukup lengkap. Terdapat port USB Thunderbolt 4 USB Type C untuk mendukung fitur USB power delivery, dan dapat digunakan untuk display output ke monitor eksternal.

2. High performance.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Asus ROG Flow Z13 mempunyai CPU high performance 12th Gen Intel core atau lebih detail yaitu Intel Core i9-12900H. CPU tersebut menggunakan konfigurasi 12 core dan 20 thread terdiri dari 8 E-Core, dan 4 P-core. CPU yang tertanam pada tablet ini merupakan generasi baru dari Intel dan cukup efisien saat digunakan. Bahkan kemampuan CPU tersebut mencapai clock speed hingga 5GHz.

Kemudian CPU dari Asus ROG Flow Z13 diberikan dukungan dari memori LPDDR5 sebesar 16 GB agar performa tetap stabil. Lantas untuk GPU pada perangkat ini diberikan NVIDIA GeForce RTX 3050. Komponen tersebut bertujuan untuk meringkas perangkat namun tetap mempunyai andil cukup besar dalam menciptakan grafis terbaik.

3. Display layar sangat halus.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Tidak dapat dipungkiri Asus ROG Flow Z13 mempunyai grafis cukup keren. Perangkat tersebut dapat menciptakan grafis dengan kualitas resolusi WQUXGA 3840 x 2400 piksel atau 4K. Panel layar juga diberikan dukungan Pantone Validate. Sehingga warna yang diberikan cukup tajam, dan detail. Terlebih Asus juga memberikan teknologi dari Dolby Vision.

Keunggulan lain ada pada bezel yang cukup tipis. Membuat pengguna lega saat menatap layar. Bahkan terdapat teknologi eye care agar mata tidak mudah lelah. Screen dengan tipe IPS LCD berukuran 13,4 inci ini dapat mencapai refresh rate hingga 120 Hz.

4. Pendinginan maksimal.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Asus ROG Flow Z13 mempunyai mesin high performance yang mengakibatkan perangkat mengalami peningkatan suhu. Namun beruntungnya Asus dapat membuat motherboard tetap berdiri sama dengan layar. Sehingga sistem pendinginan mampu memberikan efektivitas tinggi kepada mesin dan layar tablet. Kemudian Asus juga memberikan teknologi Vapor Chamber khusus agar pendinginan tetap maksimal. Ditambah tablet ini juga dibekali kipas Arc Flow Fan terbaru dengan 84 bilah khusus yang memiliki ketebalan berbeda agar lebih optimal. Menariknya dengan kipas tersebut, tingkat kebisingan cukup minim. Hal ini berkat anti-resonance yang ditanam pada Asus ROG Flow Z13. Dengan sistem pendinginan tersebut, perangkat tablet tetap dapat dipacu dengan maksimal, tanpa takut overheat.

5. Kualitas audio jernih.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Agar sensasi serunya bermain game bertambah, Asus ROG Flow Z13 dibekali dengan speaker Dual Smart AMP dengan Dolby Atmos. Kemudian suara audio diracik oleh Harman Kardon agar suara terdengar lebih tajam dan nendang. Kemudian tablet ini diberikan teknologi Ai Noise, High SNR untuk memberikan kejernihan audio saat digunakan rekaman.

6. Penyimpanan lega.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Seperti yang disinggung pada pembahasan sebelumnya, tablet Asus ROG Flow Z13 diberikan RAM LPDDR5 sebesar 512 GB. Namun untuk memori internal diberikan kapasitas 512 GB atau 1 TB. Kemudian Asus juga memberikan perangkat agar dapat ditanamkan sebuah SSD. Bahkan dengan tambahan SSD tersebut, perangkat Asus ROG Flow Z13 semakin kencang.

7. Baterai dan fitur lainnya.

tablet asus gaming  berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Asus ROG Flow Z13 mempunyai baterai dengan daya 56WHrsm 4S10m 4-cell Li-ion. Baterai tersebut mampu bertahan selama 5 jam 30 menit saat digunakan secara normal. Kemudian perangkat ini juga didukung pengisian daya cepat sebesar 100 Watt. Sehingga pengguna hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 50%.

Adapun fitur lain yang terpasang pada Asus ROG Flow Z13 adalah ROG XG Mobile, Mux Switch, Pantone Validated Display, RGB Keyboard, Controller Support, dan masih banyak lagi. Tentu fitur yang diberikan cukup membantu pengguna dalam menggunakan tablet untuk bermain game maupun multi task lainnya.

Asus memberikan 4 varian harga untuk Asus ROG Flow Z13. Varian tersebut dipengaruhi oleh prosesor, kemampuan layar, dan penyimpanan yang digunakan. Berikut harga dari Asus ROG Flow Z13:

1. Rp 24 juta varian dengan Core i5/Iris Xe/FHD 120Hz/2x8GB RAM/512GB SSD
2. Rp 28,5 juta varian dengan Core i7/RTX 3050/FHD 120Hz/2x8GB RAM/512GB SSD
3. Rp 33 juta varian dengan Core i9/RTX 3050 Ti/FHD 120Hz/2x8GB RAM/1TB SSD
4. Rp 35 juta varian dengan Core i9/RTX 3050 Ti/4K 60Hz/2x8GB RAM/1TB SSD


(brl/guf)