6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh

Techno.id - Kamu yang berprofesi sebagai desainer grafis, tentu sangat membutuhkan perangkat (laptop) yang mumpuni untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Dibutuhkan laptop dengan hardware dan software yang tangguh untuk mengerjakan tugas seperti pemodelan 3D.

Karena itu kamu perlu laptop dengan CPU yang kuat, termauk RAM yang besar agar tak mudah nge-lag saat bekerja. Yang tak kalah penting, laptop kamu juga harus dibekali prosesor dengan banyak inti. Perangkat keras penting lainnya adalah kartu grafis (GPU), apalagi untuk kamu yang bekerja dengan tekstur yang sangat besar.

Dari sisifitur tentu saja laptop dengan layar besar menjadi kelebihan tersendiri untuk pekerjaan desain grafis. Terlebih jika kamu harus menghadapi tugas yang membutuhkan detail dan akurasi warna. Berikut deretan laptop yang cocok untuk desainer grafis yang berhasil dirangkum techno.id dari berbagai sumber.

1. Samsung Galaxy Book3 Ultra

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh foto: samsung.com

Galaxy Book3 Ultra terbaru dari Samsung ini menjadi pendatang baru untuk pembuatan konten. Laptop 16 inci yang ramping ini memiliki layar OLED 2.8801.880p 120Hz yang dipadu dengan perangkat keras terbaru.

Laptop ini dibekali CPU Intel Core i7 generasi ke-13 dan GPU Nvidia GeForce RTX 4050 baru. Untuk urusan daya tahan baterai, laptop cukup luar biasa dengan port Thunderbolt 4 yang cepat dan serbaguna. Laptop ini juga sudah dibekali webcam 1080p.

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh foto: samsung.com

Kartu grafis RTX 4050 pada Book3 Ultra mungkin bukan GPU gaming dengan performa tertinggi, tetapi untuk pembuatan konten, encoder video pada GPU baru ini menjadi kelebihan tersendiri. Codec video baru seperti AV1 akan menghemat waktu dan ruang disk yang signifikan saat merender video.

OLED yang tajam juga akan menarik bagi para pembuat konten karena apa pun yang kamu lakukan di layar, seperti pengeditan foto dan video, juga akan terlihat bagus.

2. MSI GF76 Katana

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh foto: msi.com

Jika kamu memiliki anggaran terbatas, MSI GF76 Katana bisa menjadi pilihan. Laptop ini hadir dengan CPU Intel Core i7-12700H, GPU Nvidia GeForce RTX 3050Ti, RAM 16GB, dan penyimpanan SSD PCle 4 sebesar 512GB. Dengan kata lain, laptop ini dapat menangani sebagian besar tugas desain dengan relatif mudah. Dari sisi GPU memang kurang nyaman saat menjalankan game-game baru, tetapi MSI menawarkan hingga tujuh konfigurasi berbeda, sehingga kamu dapat memilih opsi yang lebih bertenaga.

Layarnya berukuran 17,3 inci, tergolong besar untuk ukuran laptop dan sangat nyaman untuk pekerjaan desainer grafis. Jadi jika kamu seorang desainer grafis pemula, bisa mempertimbangkan MSI GF76 Katana sebagai alat kerja.

3. Asus ROG Strix G18

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh foto: asus.com

Asus ROG Strix G18 bisa menjadi pilihan utama untuk para desainer video game. Maklum laptop ini memiliki fitur dan perangkat keras yang diperlukan untuk proyek-proyek intensif secara grafis.

Laptop ini dibekali CPU Intel Core i9-13980HX, RAM DDR5 32GB, penyimpanan SSD PCIe Gen4 NVMe 1TB, dan GPU GeForce RTX 4090 yang gahar yang dapat merender adegan 3D dalam sekejap.

6 Laptop yang cocok untuk desain grafis, punya layar besar dan peforma tangguh foto: asus.com

Sudah begitu laptop ini juga menggunakan layar QHD+ berukuran raksasa yakni 18 inci. Tidak hanya memiliki kecepatan refresh 240Hz yang mengesankan, tetapi resolusi layar 26501600 dapat menghasilkan gambar yang jernih dan penuh warna.

Jika kamu seorang desainer video game dan mencari laptop bertenaga yang dapat berfungsi sebagai pengganti desktop, maka ROG Strix G18 lebih dari sekadar mumpuni. Dari sisi harga, tentu saja cukup mahal, tetapi sangat sebanding dengan fitur dan performa yang ditawarkan.

(brl/red)