5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun

Techno.id - Di pengujung tahun, belanja online menjadi salah satu aktivitas yang paling dinantikan banyak orang. Selain untuk memenuhi kebutuhan, belanja online pada akhir tahun juga menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan diskon dan promo menarik.

Salah satu hal yang menarik ketika berbelanja yaitu mendapatkan banyak diskon serta promo menarik. Berikut Techno.id membagikan 5 tips untuk memaksimalkan pengalaman belanja online di akhir tahun, Kamis (21/12).

1. Rencanakan belanja

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun foto: freepik/storyset

Sebelum memulai belanja online, buatlah daftar barang atau produk yang ingin kamu beli. Rencanakan belanja dengan matang, sehingga tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Dengan memiliki daftar belanjaan, kamu dapat fokus mencari produk yang dibutuhkan dan menghindari pemborosan.

2. Ikuti program loyalitas dan newsletter

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun foto: freepik/pikisuperstar

Banyak situs belanja online menawarkan program loyalitas atau memberikan diskon khusus kepada pelanggan yang berlangganan newsletter mereka. Pastikan kamu mendaftar sebagai anggota atau berlangganan newsletter dari toko online favorit. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi terbaru tentang promo eksklusif, diskon tambahan, atau penawaran spesial yang hanya diberikan kepada pelanggan setia.

3. Manfaatkan kode diskon dan voucher

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun foto: freepik

Sebagian besar situs belanja online menyediakan kotak khusus untuk memasukkan kode diskon atau voucher saat melakukan pembayaran. Sebelum menyelesaikan transaksi, carilah kode diskon atau voucher yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat menemukannya melalui situs kupon online atau langsung dari situs toko online tersebut. Memanfaatkan kode diskon dapat memberikan potongan harga yang signifikan.

4. Pantau flash sale dan deals terbatas

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun foto: freepik/ranilson-arruda

Banyak toko online menyelenggarakan flash sale atau penawaran terbatas selama periode akhir tahun. Pantau terus situs belanja online atau aplikasi mereka untuk mendapatkan informasi tentang flash sale atau deals terbatas.

Jangan ragu untuk segera beraksi saat menemukan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan kamu, karena biasanya barang-barang dengan diskon besar dapat habis terjual dalam waktu singkat.

5. Gunakan metode pembayaran yang memberikan cashback atau diskon tambahan

5 Tips belanja online untuk memaksimalkan diskon dan promo akhir tahun foto: freepik

Beberapa metode pembayaran, seperti kartu kredit atau e-wallet, menawarkan program cashback atau diskon tambahan ketika kamu melakukan transaksi di toko online tertentu. Pastikan untuk memilih metode pembayaran yang memberikan keuntungan tambahan, sehingga kamu bisa mendapatkan potongan harga atau uang kembali setelah melakukan pembelian.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memaksimalkan pengalaman belanja online di akhir tahun. Ingatlah untuk selalu memeriksa syarat dan ketentuan dari setiap promo atau diskon, serta pastikan keamanan transaksi online kamu. Selamat berbelanja dan selamat tahun baru!

(magang/rama prameswara)

(brl/red)