Windows 10 Enterprise siap penuhi kebutuhan kalangan komersial

Windows 10 Enterprise siap penuhi kebutuhan kalangan komersial

Techno.id - Di peluncuran resminya hari ini, Windows 10 diperkenalkan ke dalam beberapa versi. Selain versi konsumen, Windows 10 juga hadir dalam versi "Pro" bagi UKM dan "Enterprise" bagi perusahaan berskala besar.

Lucky Gani selaku Windows Business Group Head Microsoft Indonesia mengatakan, Windows 10 Enterprise didesain khusus agar pengguna merasa familiar sehingga tidak butuh proses lama untuk memahami. Tentu saja, dengan performa yang baik serta teknologi yang baru.

Ia pun mengklaim, versi Enterprise dilengkapi dengan sistem keamanan lebih kuat untuk melindungi perusahaan dari segala potensi serangan dunia maya. Namun, tentunya dengan tetap mempertahankan inovasi yang disukai oleh perusahaan terkait.

Lebih lanjut, Lucky juga mengatakan bahwa Enterprise merupakan versi khusus untuk konsumen dengan kebutuhan lebih kompleks termasuk aplikasi, manajemen, security dan lain-lain. Pelanggan juga harus memiliki enterprise agreement untuk mendapatkan versi ini karena merupakan software assurance.

Selain itu, versi Enterprise juga diklaim dapat membuat perusahaan dapat mengontrol frekuensi update sistem keamanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Perusahaan juga dapat mengganti password melalui mekanisme ketat guna melindungi data dan identitas perusahaan.

Ketika bicara soal market share, Lucky masih enggan berbagi informasi. Namun, ia mengungkapkan jika Microsoft berharap pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 segera beralih ke Windows 10 agar dapat menikmati layanan seperti Windows Store, OneDrive, dan Microsoft Edge.

Untuk soal harga, Windows 10 dibanderol dengan harga USD 199 (Rp 2,6 juta) untuk versi Enterprise, sebesar USD 119 (Rp 1,6 juta) untuk versi Pro, dan USD 99 (Rp 1,3 juta) untuk versi Konsumen.

(brl/red)