Windows 10 bawa tampilan yang 'ramah' bagi pengguna Windows 7

Windows 10 bawa tampilan yang 'ramah' bagi pengguna Windows 7

Techno.id - Windows 10 hari ini (29/7/15) resmi diluncurkan. Sistem operasi terbaru Microsoft tersebut telah bisa dinikmati oleh pengguna di hampir 190 negara.

Sayangnya, tak semua orang menyambut rilis upgrade Windows 10 dengan gembira. Pasalnya, beberapa orang masih enggan untuk meng-upgrade sistem operasi mereka, terlebih yang menggunakan Windows 7, karena takut beberapa software dan tampilan pada OS perbaikan untuk versi Vista itu akan berubah atau hilang.

Namun, nampaknya dugaan di atas tersebut tak terbukti. Pasalnya, beberapa pengguna yang telah meng-upgrade versi Windows 7 ke Windows 10 mengatakan bahwa tampilan OS terbaru itu cukup 'ramah', terlebih bagi pengguna Windows 7 yang memiliki konsep tampilan antarmuka yang jauh berbeda dengan Windows 10.

Seperti dikutip dari Gizmodo (29/7/15), pasca meng-upgrade OS mereka dari Windows 7 ke Windows 10, pengguna masih menemukan setiap software atau aplikasi masih ada. Seperti dikabarkan, setiap aplikasi atau file yang Anda simpan atau instal di Windows 7 akan muncul kembali di tempat semula pasca Anda meng-upgrade sistem operasi ke versi Windows 10 hanya saja dengan tampilan antarmuka yang baru. Bahkan, games yang Anda instal sebelumnya di versi Windows 7 dapat dimainkan dengan baik di versi Windows 10 ini.

Selain itu, menu Start Menu yang dikhawatirkan para pengguna setia Windows 7 akan hilang seperti pada versi Windows 8, nampak tetap diusung oleh sistem operasi ini. Bahkan, pengakuan beberapa pengguna Windows 7 yang telah meng-upgrade ke Windows 10, pilihan Start Menu di sistem operasi ini mengusung perpaduan tampilan yang cukup mengasyikkan. Pasalnya, pengguna bakal menemukan tampilan aplikasi yang sering digunakan pada sisi kiri menu Start Menu. Sementara untuk sisi kanan, pengguna bakal menemukan barisan kolom yang dapat Anda atur isinya, misalnya diisi dengan menu Cortana atau web browser Microsoft Edge, sehingga memudahkan pengguna saat ingin menggunakannya.

Windows 10 bawa tampilan yang 'ramah' bagi pengguna Windows 7

Start Menu pada Windows 10 2015 forbes.com

Menu Pencarian pada Windows 10 dikabarkan juga menjadi salah satu fitur yang bakal membuat pengguna Windows 7 beralih ke sistem operasi terbaru tersebut. Pasalnya, fitur Pencarian di Windows 10 mengusung tampilan yang lebih mudah digunakan ketimbang yang ada di Windows 7.Pengguna bakal dimudahkan ketika akan mencari kata kunci di fitur Pencarian Windows 10. Pada posisi taskbar horisontal, pengguna bisa langsung menemukan menu Pencarian dengan mudah.

Windows 10 bawa tampilan yang 'ramah' bagi pengguna Windows 7

Menu Search pada Windows 10 2015 softpedia.com

Kendati memiliki beberapa nilai tambah, beberapa orang yang telah meng-upgrade versi Windows 7 ke Windows 10 memperingatkan Anda untuk lebih bersabar saat menggunakan sistem operasi terbaru tersebut. Hal ini disebabkan, Windows 10 masih membawa sejumlah bug yang diklaim sedikit banyak mengganggu pengguna saat akan menggunakan PC atau laptop untuk beberapa keperluan. Namun, jika Anda tak mempermasalahkan beberapa bug yang ada di sistem operasi terbaru ini, maka meng-upgrade Windows ke versi Windows 10 bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda.

(brl/red)