WhatsApp akan hapus permanen pemakai aplikasi pihak ketiga

WhatsApp akan hapus permanen pemakai aplikasi pihak ketiga

Techno.id - Banyaknya pengguna WhatsApp yang masih menggunakan aplikasi pihak ketiga memaksa pihak pengembang untuk bertindak lebih ketat di tahun ini. Jika sebelumnya hanya memberikan peringatan, kini WhatsApp akan menerapkan kebijakan yang lebih tegas yaitu dengan menghapus dan memblokir akun secara sepihak dan bersifat permanen.

Sejauh ini sudah tampak keseriusan WhatsApp dalam menangani kasus ini. Hal ini dapat dibuktikan dari aplikasi-aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp+ dan WhatsAppMD yang mulai menghilang dari App Store maupun Play Store. Situs MobiFlip.de juga telah mengakui bahwa mereka telah menerima sejumlah laporan dari pengguna WhatsApp yang telah diblokir secara permanen karena masih menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ketika pengguna sudah diblokir secara permanen, maka mau tidak mau pengguna tersebut harus menggunakan nomor ponsel baru untuk mendapatkan akun WhatsApp yang baru.

Pasca diterapkannya kebijakan baru ini, OsmDroid selaku pengembang WhatsApp+ ketika dikonfirmasi mengaku sedang mengerjakan fitur untuk 'memotong' larangan WhatsApp tersebut namun masih belum ada jaminan mengenai tingkat keberhasilan. OsmDroid sendiri juga telah menyarankan pengguna untuk segera berhenti menggunakan WhatsApp+ dan beralih kembali ke WhatsApp resmi.

Sekadar informasi bahwa aplikasi pihak ketiga untuk WhatsApp adalah aplikasi tweaker yang memiliki keunggulan untuk menambah fitur-fitur tidak resmi WhatsApp. Fitur-fitur tersebut dapat membantu pengguna untuk mengunggah audio dan video dengan durasi yang lebih lama, atau mengganti tampilan antarmuka (tema dan font) orisinil WhatsApp.

(brl/red)