2 Aturan baru Play Store oleh Google yang perlu diperhatikan

2 Aturan baru Play Store oleh Google yang perlu diperhatikan

Techno.id - Sejak diterbitkannya kebijakan baru mengenai peninjauan aplikasi oleh Google selaku pengelola Play Store, kini para pengembang aplikasi Android diharuskan untuk berinteraksi dengan Google terlebih dahulu sebelum memublikasikan aplikasi di Play Store. Setidaknya ada dua peraturan baru yang cukup menjadi sorotan dan perlu diperhatikan oleh para pengembang aplikasi Android yang di antaranya adalah content rating system dan manual approval process.

Secara garis besar, content rating system adalah peraturan baru Play Store yang mengharuskan pengembang aplikasi menggunakan dev console tool untuk menyelesaikan quick survey mengenai konten aplikasi guna mendapatkan rating. Tujuannya adalah publik dapat mengetahui kualitas berdasarkan rating aplikasi. Sistem rating ini menggunakan standar regional dan akan mulai dioperasikan dalam beberapa minggu ke depan.

Manual approval process adalah peraturan baru kedua Play Store yang artinya adalah proses peninjauan aplikasi tahap akhir sebelum dipublikasikan di Play Store dan dilakukan langsung oleh tim ahli Play Store. Sebenarnya manual approval process tidaklah sepenuhnya manual. Ada tahap awal di mana Google menggunakan mesin otomatis untuk menyaring konten aplikasi terlebih dahulu. Jika lolos tahap awal, maka akan ditinjau ulang secara manual oleh tim ahli.

Tentu dengan adanya dua peraturan baru ini akan membuat layanan Play Store menjadi lebih baik. Pengguna platform Android diharapkan sudah tidak lagi menemui kasus aplikasi yang hilang secara tiba-tiba di Play Store setelah mengunduhnya. Di sisi lain pengembang juga dapat mengetahui alasan penolakan aplikasi yang diajukan atau ditangguhkan dan dapat dengan mudah memperbaiki dan kembali mengirimkannya.

(brl/red)