CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 18 Oktober 2015 09:00

Waspada, malware jenis baru kembali rasuki Android!

Cheetah Mobile: "900.000 perangkat Android dari 116 negara sudah terinfeksi virus baru Android"

Waspada, malware jenis baru kembali rasuki Android!

Techno.id - Malware baru di sistem operasi Android kembali ditemukan. Kali ini, malware jenis Trojan yang diberi nama Ghosh Push ini ditemukan oleh Cheetah Mobile, perusahaan pengembang aplikasi utility populer seperti Battery Doctor dan Clean Master.

Sebagaimana dikutip dari Phone Arena (15/10), Ghosh Push saat ini sudah berkembang ke dalam banyak varian. Diyakini, malware ini telah tersebar melalui forum, aplikasi pihak ketiga, bahkan di halaman resmi Google Play Store itu sendiri.

Data Cheetah Mobile mengungkapkan, sebanyak 900.000 perangkat Android yang berasal dari 116 negara telah terinfeksi dengan Ghosh Push. Adapun virus ini dikemas ke dalam bentuk aplikasi kalkulator, hingga game sejenis Talking Tom 3.

Sedangkan untuk ciri-cirinya, aplikasi yang terinfeksi dengan Ghosh Push akan menampilkan banyak iklan yang tak relevan. Lebih buruknya, Ghosh Push bahkan mampu memasang aplikasi lain tanpa sepengetahuan sang pemilik perangkat.

Dampaknya, perangkat Android yang telah terinfeksi akan memakan bandwidth data yang lebih besar daripada umumnya untuk mengunduh konten iklan. Praktis, konsumsi daya dan kapasitas penyimpanan pun juga akan ikut tersedot.

Untungnya, Google Play Store saat ini sudah menyediakan satu aplikasi yang dirancang khusus untuk 'membunuh' malware Ghosh Push. Adapun nama aplikasi yang dimaksud di sini adalah Ghost Push Trojan Killer.

WHAT TO READ NEXT ?