CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 4 September 2015 18:00

Cara pisahkan nama lengkap jadi nama depan dan belakang di Excel

Memisahkan nama lengkap menjadi nama depan dan belakang dapat dilakukan dengan rumus di Excel.

Cara pisahkan nama lengkap jadi nama depan dan belakang di Excel

Techno.id - Chandra Wijaya

Suatu ketika Anda mendapat tugas untuk menginput data daftar nama suatu perusahaan. Kemudian Anda diminta untuk memisahkan nama depan dan belakang. Jika nama tersebut hanya puluhan mungkin tak terlalu bermasalah, namun bagaimana jika daftar nama tersebut berjumlah ratusan atau bahkan ribuan?

Pastinya sangat merepotkan dan melelahkan bukan? Namun, sekarang Anda tak perlu berkeluh kesah ketika mendapat tugas itu lagi. Pasalnya, Techno.id telah memiliki cara sederhana untuk memisahkan nama depan dan belakang menggunakan Microsoft Excel.

Berikut contoh data awal daftar nama lengkap yang akan dipisahkan nama depan dan nama belakang:

Untuk mendapatkan Nama Depan di kolom C dan Nama Belakang di kolom D secara otomatis, maka Anda dapat menggunakan rumus di Excel.

Untuk yang pertama di cell C2, masukkan rumus ini: =LEFT(B2,FIND(" ",B2)-1). Ini akan mengambil Nama Depannya, tanpa perlu kuatir meski misalnya namanya cukup panjang.

Kemudian di cell D2, masukkan rumus =RIGHT(B2,LEN(B2)-FIND(" ",B2)) untuk mendapatkan kata kedua sebagai Nama Belakangnya. Hasilnya akan seperti ini:

Langkah berikutnya tinggal copy-kan rumus di cell C2 dan D2 tersebut sampai baris terakhir data Anda. Maka hasil akhirnya akan jadi seperti ini:

Cukup cepat bukan? Kini Anda sudah tidak perlu lagi berlama-lama menyalin satu persatu kata dari daftar nama yang Anda punya. Semoga bermanfaat.

WHAT TO READ NEXT ?