Ternyata smartphone Sony Xperia punya pemancar radio FM tersembunyi

Ternyata smartphone Sony Xperia punya pemancar radio FM tersembunyi

Techno.id - Apakah Anda pernah mendengar istilah FM Transmitter? Fitur tersebut merupakan sebuah pemancar radio yang sistem kerjanya mirip profil A2DP pada bluetooth. Fitur A2DP memungkinkan Anda mengirim alunan musik secara wireless ke perangkat digital lainnya. Nah, ternyata teknologi pemancar radio FM ini juga disematkan di beberapa smartphone Sony Xperia.

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu jika selama ini ponsel Anda bisa dijadikan pemancar radio. Menurut laporan PhoneArena (23/5/15), beberapa ponsel Sony Xperia yang mendukung fitur FM Transmitter adalah Xperia Z, Xperia Z Ultra, Xperia Z1, Xperia Z1 compact, Xperia T, dan Xperia SP.

Untuk mengaktifkan fitur FM Transmitter yang tersembunyi pada smartphone, pengguna cukup menginstal aplikasi Spirit Transmit dari pengembang Mike Reid. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store dengan biaya Rp 243.000. Mike Reid juga memberikan aplikasi versi gratis untuk menguji apakah aplikasi ini bekerja pada jenis smartphone Anda atau tidak.

Anda bisa memancarkan musik yang diputar di ponsel ke radio FM agar semua orang juga bisa mendengar musik yang sedang Anda putar. Namun, syaratnya Anda harus memilih frekuensi radio FM yang kosong atau belum dipakai oleh stasiun radio lain. Jangan lupa memasang headset sebagai antena pemancarnya.

Jika Anda salah satu pengguna smartphone di atas, tak ada salahnya jika mencoba aplikasi Spirit Transmit. Bagikan pengalaman menyenangkan Anda di sini apabila aplikasi ini mendukung model ponsel lainnya.

(brl/red)