CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 8 November 2015 11:00

Telah ditemukan software yang bisa ubah video games 2D menjadi 3D

Berbekal software ini, games sepak bola berformat 2D bisa dijadikan video games berformat 3D yang menarik.

Telah ditemukan software yang bisa ubah video games 2D menjadi 3D

Techno.id - Berbekal software video games saja, para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Qatar Computing Research Institute (QCRI) telah berhasil mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengkonversi video games berformat 2D menjadi 3D. Menariknya video games yang telah dikonversi tersebut bisa dimainkan di setiap perangkat yang mendukung format 3D seperti televisi, Google Cardboard, smartphone dengan display 3D atau Oculus Rift.

Seperti dikutip dari NDTV (6/11/15), dalam pengembangan sistem tersebut para peneliti menggunakan video games sepak bola sebagai objek percobaan. Dalam percobaan tersebut, para peneliti menggunakan perangkat analisis video games Microsoft PIX untuk menyimpan screenshoot dari setiap aksi karakter di games tersebut.

Nah, setiap gambar hasil screenshoot bakal diekstrak secara khusus ke bentuk peta 3D yang sesuai menggunakan algoritma standar. Algoritma sendiri berguna untuk membuat tampilan yang awalnya 2D menjadi 3D dengan sudut pandang dan konfigurasi yang menarik.

Setelah diproses menggunakan algoritma dasar tersebut selesai, maka peta 3D yang berasal dari screenshoot gambar video games 2D bakal disimpan secara khusus ke database. Nantinya, saat dibutuhkan maka peta 3D yang tersimpan bakal secara otomatis ditampilkan ke bentuk video games 3D.

"Hasil dari proses ini adalah efek 3D yang sangat baik dengan tidak ada artefak visual," ujar para peneliti.

Rencananya, software khusus untuk mengkonversi video games ini kana dikembangkan lebih lanjut. Para peneliti berharap melalui pengembangan software secara berkelanjutan, di masa depan banyak orang bisa menikmati pertandingan maupun games olahraga dalam bentuk 3D secara real-time.

WHAT TO READ NEXT ?