CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 13 Oktober 2015 14:00

Indonesia kenalkan tiga software-nya di Budapest

Semua aplikasi canggih ini dibuat oleh tangan dari anak negeri.

Indonesia kenalkan tiga software-nya di Budapest

Techno.id - Dilansir oleh Antara (12/10/15), pada pameran International Telecommunication Union (ITU), Telecom World 2015 di Budapest, Indonesia memamerkan tiga software buatan anak negeri untuk unjuk gigi di sana.

"Pada ITU Telecom World 2015, Indonesia memamerkan tiga produk software atau aplikasi unggulan," kata Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, dikutip dari Antara.

Didampingi Sekjen Kemkominfo Suprawoto dan Sekretaris Tiga KBRI Budapest Farisa Rahmadhani, Dubes Dubes Wening Esthyprobo menyampaikan kebanggaannya atas potensi generasi muda Indonesia yang memiliki inovasi yang tinggi untuk memajukan perkembangan teknologi informasi di Indonesia.

Yang pertama adalah yaitu 'Own Grid' aplikasi smartphone ini dikatakan untuk membantu nelayan dalam mencari daerah tangkapan. Aplikasi yang dikembangkan Pusat Mikroelektronika, Institut Teknologi Bandung, PT Fusi Global Teknologi, dan Kemkominfo ini juga tersedia dalam basis radio frekuensi. Pembuatan aplikasi berbasis radio frekuensi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi tidak adanya sinyal di tengah laut.

Kedua, produk 'Sec Surf' (securing surfing), perangkat lunak dikatakan dapat digunakan untuk menyaring konten negatif (pornografi). Dengan menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada, Universitas Mataram dan Kemkominfo ini, dikatakan menyaring konten negatif melalui aplikasi.

Sedangkan yang Ketiga, Indonesia juga menampilkan 'Sec Page' (securing web page), perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi adanya serangan terhadap website melalui informasi berbasis pesan singkat. Perangkat lunak ini dikembangkan Universitas Gadjah Mada, Universitas Mataram dan Kemkominfo.

ITU Telecom World 2015 diselenggarakan selama empat hari, 12 Oktober-15 Oktober 2015, merupakan pameran telekomunikasi terbesar di Hongaria yang dilaksanakan sebagai salah satu event memperingati 150 tahun berdirinya organisasi ITU.

WHAT TO READ NEXT ?