CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 2 Maret 2016 11:00

Lebih responsif, Hound diklaim jadi pesaing berat Siri dan Cortana

Aplikasi ini diklaim dapat membantu penggunanya mencari informasi dengan lebih cepat.

Lebih responsif, Hound diklaim jadi pesaing berat Siri dan Cortana

Techno.id - Berkembangnya fitur asisten virtual beberapa waktu belakangan, membuat perusahaan rintisan SoundHound baru-baru ini merilis aplikasi serupa yang diklaim jauh lebih responsif ketimbang Siri dan Cortana. Ya, aplikasi bernama Hound itu dikabarkan dapat membantu penggunanya mencari sesuatu melalui perintah suara dengan waktu yang lebih cepat ketimbang fitur asisten virtual bawaan Apple dan Microsoft tersebut.

Sebagaimana dilansir oleh TheVerge (1/3/16), aplikasi ini dapat melakukan terjemahan secara real-time dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan menariknya, Anda juga kabarnya bisa memberikan perintah suara yang cukup detail.

Jadi, Anda bisa memberikan perintah suara yang cukup detail seperti "Di mana letak restoran Chinnese Food terdekat dari lokasi saat ini?" dan secara otomatis aplikasi bakal memberikan daftar restoran Chinnese Food terdekat lengkap dengan alamat dan juga harganya.

Tak hanya itu, aplikasi Hound kabarnya juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang rasanya tak mungkin bisa dilakukan oleh Siri dan Cortana seperti "Berapa jumlah penduduk dari ibukota Jepang, Tokyo?" atau "Berapa luas atau meter persegi luas pulau Rote di NTT?".

Kevin Mohajer, CEO SoundHound mengungkapkan jika kemampuan luar biasa dari aplikasi besutannya ini tak lepas dari kombinasi mesin pembelajaran dan teknologi buatan yang bisa membuat Hound memiliki kemampuan speech-to-meaning. Mohajer mengatakan, dengan kemampuan itu Hound dapat langsung mengartikan perintah atau ucapan dari pengguna secara langsung sehingga hasil pencarian bisa disajikan secara cepat ketimbang fitur serupa.

Kendati demikian, Mohajer mengaku jika aplikasi ciptaannya ini tak lepas dari kekurangan. Ia mengatakan jika sebagai aplikasi pihak ketiga, Hound akan memiliki kekurangan seperti tak bisa mengakses informasi yang sifatnya rahasia atau terlalu personal.

Ya, Mohajer menjelaskan jika Hound saat ini masih tak bisa digunakan untuk mengakses layanan-layanan bawan dari OS smartphone seperti GMail, iMessages, dan lain-lainnya. Selain itu, Mohajer menjelaskan jika untuk awal, pengguna harus mengakses aplikasi secara terpisah sehingga membuat proses pencarian via Hound terkadang terlalu merepotkan.

Aplikasi yang telah terintegrasi dengan fitur 3D Touch iOS ini, sekarang bisa Anda dapatkan di beberapa toko aplikasi seperti Apple App Store dan Google Play Store.

WHAT TO READ NEXT ?