CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 16 November 2015 09:00

ShareTheMeal, berdonasi via smartphone untuk anak pengungsi Suriah

Melalui aplikasi ini Anda dapat berbagi untuk pemenuhan gizi anak pengungsi di Suriah dan negara lainnya.

ShareTheMeal, berdonasi via smartphone untuk anak pengungsi Suriah

Techno.id - ShareTheMeal, aplikasi dengan konsep donasi yang ditujukan untuk membantu penyediaan gizi yang tepat bagi anak pengungsi Suriah telah resmi diluncurkan. Program Pangan Dunia atau WFP, organisasi dibalik aplikasi ini mengungkapkan jika melalui aplikasi ini diharapkan masyarakat di seluruh dunia bisa berdonasi dengan sentuhan sederhana melalui layar smartphone mereka.

"Aplikasi ini adalah cara untuk memelopori orang agar bergabung dalam upaya menciptakan dunia yang bebas dari bencana kelaparan. Para pengguna smartphone di sini memiliki tugas untuk berbagi pengalaman mereka dan dapat memilih untuk membantu memberi makan seorang anak kapan saja mereka mau, seperti ketika mereka sedang makan siang misalnya," ujar Stephane Dujarric, juru bicara PBB yang menaungi program dari WFP ini.

Seperti dilansir oleh Antara (13/11/15), pengguna smartphone bisa memilih jumlah uang yang ingin disumbangkan. Pengguna bisa hanya menyumbangkan 0,5 sen saja uang dari jatah makan siangnya. Meski kecil jumlahnya, uang sedikit yang disumbangkan pengguna dilaporkan akan sangat berguna bagi pengembangan gizi anak-anak pengungsi Suriah selama satu hari.

Sementara itu, WFP percaya ShareTheMeal memiliki potensi yang besar untuk mengubah bencana kelaparan yang saat ini tengah terjadi. Menurut mereka, di seluruh dunia saat ini ada 20 kali lipat pengguna smartphone dibandingkan dengan jumlah anak yang kelaparan. Buktinya berdasar trial aplikasi yang dilakukan sepanjang Juni lalu, tercatat 120.000 pengguna smartphone telah memberikan lebih dari 1,7 juta porsi makanan untuk anak sekolah di Lesotho, Afrika.

WFP sendiri mengumumkan jika aplikasi ini akan tersedia secara gratis mulai 12 November untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 30 detik untuk mendaftar dan pengguna smartphone dapat mulai berbagi makanan dengan anak-anak yang kelaparan di Suriah dan mengikuti dampak dari sumbangan mereka.

WHAT TO READ NEXT ?