Resmi diperkenalkan, inilah keunggulan Qualcomm Snapdragon 820

Resmi diperkenalkan, inilah keunggulan Qualcomm Snapdragon 820

Techno.id - Kemarin (10/11/15), Qualcomm resmi memperkenalkan prosesor terbarunya Snapdragon 820 dalam sebuah acara di New York City. Setelah banyak simpang siur mengenai fitur yang akan diusung, akhirnya kemarin pabrikan asal San Diego, California itu pun buka-bukaan soal fitur dan keunggulan dari penerus prosesor Snapdragon 810 tersebut.

Seperti ditulis dalam postingan blog resminya (10/11/15), Qualcomm menyebutkan jika prosesor terbaru yang diproduksi menggunakan teknologi 14nm FinFet tersebut akan dibekali dengan teknologi seperti Modem LTE X12. Berkat teknologi ini, Snapdragon seri 820 diklaim menawarkan kecepatan upload hingga 3 kali lebih cepat dari kemampuan prosesor pada umumnya dan kecepatan download yang diklaim 33 persen lebih cepat dibandingkan dengan prosesor yang menggunakan dukungan X10 LTE.

Selain itu, Snapdragon 820 dilaporkan juga bakal dilengkapi dengan teknologi 64-bit kustom Kryo CPU yang diklaim memiliki performa 2 kali lebih efisien dibanding pendahulunya, Snapdragon 810. Menariknya, prosesor ini juga mengusung teknologi Hexagon 680 DSP dengan Hexagon Vector eXtensions dan pengolahan sensor "low power island" yang memungkinkan perangkat apa saja menggunakan prosesor ini bakal memiliki daya tahan baterai lebih baik dan terhindar dari isu overheating sama halnya seperti pada Snapdragon 810.

Prosesor ini juga dilengkapi dengan teknologi Adreano 530 GPU yang menawarkan peningkatan kinerja grafis dan penggunaan daya hingga 40 persen dibanding saat menggunakan Adreano seri 430. Nah, untuk melengkapi teknologi unggulan yang diusungnya, Snapdragon 820 juga kabarnya akan dibekali dengan 14-bit Spectra Camera ISP sebuah prosesor yang mendukung bidikan kamera hingga 28MP.

Sayangnya, Qualcomm belum mengumumkan secara rinci pabrikan mana saja yang akan menggunakan prosesor Snapdragon 820 ini di perangkat mobilenya. Namun yang jelas, secara resmi penggunaan prosesor terbaru di perangkat mobile kemungkinan akan dimulai tahun 2016 mendatang.

(brl/red)