Lumia 'tahun depan' diprediksi bakal usung Snapdragon 820

Lumia 'tahun depan' diprediksi bakal usung Snapdragon 820

Techno.id - Snapdragon tampaknya akan kembali menjadi primadona di industri chipset smartphone. Pasalnya, saat ini sudah ada dua nama vendor smartphone yang dirumorkan bakal mengusung prosesor besutan Qualcomm itu di tahun 2016 mendatang.

Sebelumnya, Samsung adalah nama vendor pertama yang kabarnya bakal kembali mengusung Snapdragon (820) untuk Galaxy S generasi mendatang. Sedangkan untuk nama vendor kedua, adalah Microsoft untuk generasi penerus Lumia 950 dan 950 XL.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (01/11), rumor ini bermula saat Lumia 950 dan 950 XL diperkenalkan sebagai smartphone mid-end. Artinya, Microsoft harus meluncurkan segmen high-end untuk generasi penerusnya agar tetap dapat bersaing.

Menurut kabar yang beredar, Lumia generasi penerus 950 dan 950 XL ini bakal diluncurkan di kuartal ketiga tahun 2016 mendatang. Diprediksi, salah satu model tersebut akan membawa teknologi pendingin yang saat ini diterapkan di Lumia 950 XL.

Sementara itu, Qualcomm telah membuat Snapdragon 820 ke dalam varian 64-bit. Dengan dukungan proses teknologi 14nm generasi kedua dan grafis Adreno 530, prosesor ini diklaim akan membawa kinerja tinggi di daya yang lebih efisien.

(brl/red)