Program ini tawarkan baterai smartphone lebih hemat 16 persen

Program ini tawarkan baterai smartphone lebih hemat 16 persen

Techno.id - Secara logika, istilah 'smartphone' muncul karena memang ponsel saat ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih. Alhasil, ponsel masa kini dapat melakukan banyak hal berguna bagi pemiliknya.

Sayangnya, keunggulan tersebut masih belum dapat diimbangi dengan kekuatan baterai yang memadai. Ya, semakin banyak proses yang dilakukan, semakin tinggi pula konsumsi baterai yang dibutuhkan oleh smartphone.

Sebagai contoh sederhananya, smartphone dapat melakukan banyak hal melalui bantuan aplikasi. Namun, aplikasi itu sendiri terkadang justru mengonsumsi daya baterai yang tinggi karena masih tetap berjalan di belakang layar (background).

Atas dasar itu, seorang peneliti dari Purdue University menciptakan sebuah solusinya melalui program bernama "Hush". Ya, fungsi utama dari program ini adalah mengeksekusi aplikasi yang masih berjalan di belakang layar.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority (12/09), sang pencipta program bahkan mengklaim bahwa Hush mampu menghemat baterai hingga 16 persen. Meskipun relatif kecil, namun setidaknya masih cukup layak untuk dicoba.

Nah, penasaran ingin menjajal kemampuan program Hush? Kini sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis melalui GitHub.

(brl/red)