CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 21 Januari 2016 14:00

Play Store lebih unggul, tapi masih harus belajar dari App Store

Jumlah unduh aplikasi Play Store boleh saja lebih unggul, tapi urusan pendapatan masih menang App Store

Play Store lebih unggul, tapi masih harus belajar dari App Store

Techno.id - Di tahun 2015, Google Play Store memiliki jumlah unduh aplikasi 100 persen lebih besar daripada Apple App Store. Demikian menurut laporan tahunan App Annie sebagaimana dikutip dari VentureBeat (20/01).

Indeks unduh 2015 App Annie
© 2016appannie.com

Pada tahun 2014, persentase tersebut masih berada di kisaran 60 persen. Dengan kata lain, Play Store tak hanya menjadi yang terbesar di sepanjang 2015, melainkan juga mengalami pertumbuhan yang lebih cepat.

Selain jumlah unduh, kesenjangan besar juga terjadi di bagian pendapatan masing-masing toko. Namun kali ini adalah sebaliknya, di mana toko aplikasi besutan Apple mengungguli toko aplikasi besutan Google.

Indeks pendapatan 2015 App Annie
© 2016appannie.com

Menurut App Annie, pendapatan App Store di sepanjang 2014 adalah 70 persen lebih besar ketimbang Play Store. Dan fakta menariknya, di tahun berikutnya angka tersebut justru bertambah menjadi 75 persen.

Kesimpulannya, Google Play mungkin boleh dikatakan sebagai toko aplikasi terbesar di dunia. Namun untuk urusan monetisasi, toko aplikasi terbesar di dunia itu masih harus banyak belajar dari para pengembang aplikasi iOS.

WHAT TO READ NEXT ?