Perkuat keamanan, WhatsApp akan luncurkan layanan telepon terenkripsi

Perkuat keamanan, WhatsApp akan luncurkan layanan telepon terenkripsi

Techno.id - Tak puas hanya dengan menghadirkan layanan pesan terenkripsi, WhatsApp kabarnya kini tengah bersiap meluncurkan layanan baru yakni telepon terenkripsi. Ya, salah satu aplikasi pesan milik Facebook itu dilaporkan bakal segera meluncurkan layanan yang memungkinkan pengguna dapat bertelepon dengan aman dan nyaman tanpa khawatir disadap oleh orang lain.

Seperti dilaporkan oleh AndroidCommunity (15/3/16), tak hanya berencana meluncurkan layanan telepon yang terenkripsi, WhatsApp dikabarkan juga akan meluncurkan layanan chatting group yang terenkripsi. Serupa dengan layanan telepon terenkripsi, layanan chatting grup terenkripsi ini memungkinkan pengguna nantinya bisa melakukan obrolan di dalam grup tanpa perlu khawatir topik yang sedang dibahas di dalam grup bocor alias disadap.

Meski menjanjikan, sayangnya rumor mengenai kemunculan dua layanan terenkripsi baru dari WhatsApp ini belum dikonfirmasi secara langsung oleh pihak aplikasi pesan yang didominasi warna hijau tersebut. Perlu Anda ketahui, rumor ini kabarnya mulai berkembang sesaat setelah WhatsApp terancam bakal dipidanakan Departemen Kehakiman AS terkait sebuah kasus yang menyertakan layanan pesan tersebut.

Diketahui, Departemen Kehakiman AS sempat geram karena tak bisa mengakses percakapan di WhatsApp dari seorang pelaku kasus yang saat ini masih dirahasiakan. Departemen Kehakiman AS dilaporkan akan mempidanakan WhatsApp jika layanan pesan milik Facebook itu tak dapat bekerja sama memberikan akses backdoor untuk layanan pesan terenkripsinya.

(brl/red)