Nokia Targetkan Apple jadi pembeli potensial divisi Maps-nya

Nokia Targetkan Apple jadi pembeli potensial divisi Maps-nya

Techno.id - Perusahaan asal Finlandia yang kini meredup, Nokia, diberitakan akan menjual divisi aplikasi HERE Maps yang telah dikembangkannya. Seperti yang dikutip dari Bloomberg dan dilansir dari 9to5Mac.com (23/04/15), Nokia menargetkan perusahaan Apple menjadi pembeli divisi HERE Maps-nya karena dinilai potensial.

Perusahaan yang dulunya menguasai pasar ponsel dunia ini bersedia melepas divisi HERE Maps dengan harga Rp 41,4 triliun. Harga ini merupakan penurunan harga dari nilai aslinya, padahal biaya asli dari divisi HERE Maps tersebut adalah Rp 104,8 triliun. Keinginan Nokia ini diduga karena mengalami inflasi yang cukup besar.

Nokia Targetkan Apple jadi pembeli potensial divisi Maps-nya

Sementara itu, Nokia tidak hanya menawarkan divisi HERE Maps-nya kepada Apple saja, namun ada sejumlah perusahaan lain yang menjadi incaran Nokia untuk menjual divisi Maps-nya tersebut. Perusahaan yang menjadi incaran Nokia antara lain adalah Alibaba, Amazon, dan Facebook.

Walaupun begitu, beberapa nama juga menjadi incaran Nokia seperti Baidu, Sirius XM, Harman International Industries dan beberapa perusahaan lainnya. Namun, Apple dinilai lebih potensial karena dengan divisi HERE Maps dari Nokia, akan membuat Apple Maps menjadi pesaing kuat dari Google Maps.

Di sisi yang lain, aplikasi HERE Maps telah dipasang kurang lebih dari 2,5 juta pengguna saat hadir di platform Android. Aplikasi ini juga tersedia untuk platform iOS dan tersedia gratis hingga saat ini.


(brl/red)