CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 28 Maret 2016 23:00

Microsoft buat Windows 10 versi spesial untuk Pemerintah Tiongkok

Windows 10 versi spesial ini dikhususkan untuk Pemerintah Tiongkok.

Microsoft buat Windows 10 versi spesial untuk Pemerintah Tiongkok

Techno.id - Seperti yang Anda tahu, Microsoft menyediakan banyak versi Windows 10. Mulai dari Windows 10 Home, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Pro, Windows 10 Mobile dan lain-lain. Namun, ternyata baru-baru ini Microsoft menambahkan versi terbaru yang dikhususkan untuk Pemerintah Tiongkok.

Microsoft telah mengeluarkan Windows 10 versi spesial yang disebut sebagai Windows 10 Specially-provided Edition. Hal ini diketahui dari laporan CEO Microsoft Tiongkok, Ralph Haupter kepada majalah Tiongkok Caixin. Menurutnya, setelah menjalin kerja sama dengan CETC Tiongkok, Microsoft berhasil menyelesaikan versi pertama dari Windows 10 versi spesial.

Lalu, apa perbedaan Windows 10 versi standar dengan versi spesial? Ralph Haupter mengatakan bahwa versi spesial memiliki fitur aplikasi Microsoft dan layanan konsumen yang lebih sedikit. Namun, Microsoft menambahkan fitur manajemen dan kontrol keamanan sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Tiongkok, seperti yang dilaporkan oleh Gizmodo (27/3/2016).

Di samping itu, Windows 10 versi spesial bukanlah sistem operasi custom pertama yang dihadirkan untuk Pemerintah Tiongkok. Sebelumnya, Pemerintah Tiongkok telah bekerja sama dengan Linux fork untuk mengembangkan sistem operasi yang dinamakan NeoKylin. Sistem operasi ini telah digunakan Pemerintah Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir untuk memperkuat Tiongkok Tianhe-2 supercomputer.

WHAT TO READ NEXT ?