CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 20 Januari 2016 12:00

Microsoft ajak guru dan siswa jadi lebih kreatif dengan Minecraft

Dengan Minecraft edisi Pendidikan ini diharap siswa dan guru bisa melakukan proses belajar mengajar yang kreatif dan menarik.

Microsoft ajak guru dan siswa jadi lebih kreatif dengan Minecraft

Techno.id - Microsoft baru-baru ini merilis Minecraft edisi khusus pendidikan yang ditujukan untuk membantu proses belajar dan mengajar di kelas. Program komputer berupa permainan ini kabarnya bakal membantu guru merangsang minat belajar siswa di kelas dengan cara yang menyenangkan dan tentunya kreatif.

Seperti dikutip dari TheVerge (19/1/16), Minecraft edisi khusus pendidikan ini memang tak berbeda jauh dari seri konvensional. Hanya saja, di edisi pendidikan ini proses pengoperasian permainan dibuat lebih mudah sehingga bisa dimainkan siapa saja terutama oleh siswa.

Selain itu, di edisi pendidikan ini Microsoft kabarnya juga menghadirkan fitur mapping yang bakal memudahkan siswa dan guru bermain sambil belajar. Lalu ada fitur in-app camera serta fitur lembar memo yang dapat membantu mengingatkan Anda katalogisasi mana saja yang sudah digunakan.

Tak hanya merilis Minecraft versi pendidikan, Microsoft juga merilis sebuah website khusus yang dikhususkan untuk berbagi metode atau cara apa yang bisa diimplementasikan untuk belajar suatu ilmu dengan Minecraft. Di situs tersebut, guru bisa berbagi dengan guru-guru lainnya di seluruh dunia mengenai memanfaatkan Minecraft untuk pelajaran.

Saat ini, Minecraft edisi Pendidikan bisa digunakan oleh seluruh lembaga pendidikan di dunia. Lembaga pendidikan kabarnya hanya perlu membayar biaya sebesar Rp69.325
per siswa.

Setelah membayar biaya registrasi siswa dikabarkan bisa mengakses Minecraft serta layanan Microsoft lainnya. Bahkan, siswa bisa mengakses Minecraft edisi Pendidikan di rumah asalkan dengan akun yang sama.

Minecraft edisi Pendidikan kabarnya akan mulai dirilis ke seluruh dunia pada pertengahan tahun 2016 ini. Sekarang, Minecraft untuk Pendidikan masih bisa digunakan secara terbatas untuk sekolah-sekolah di Amerika.

WHAT TO READ NEXT ?