CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 27 April 2016 21:00

Melawan ransomware di platform Mac dengan "RansomWhere?"

Tidak banyaknya laporan dari para pengguna Mac bukan berarti sistem operasi besutan Apple tersebut kebal ransomware

Melawan ransomware di platform Mac dengan

Techno.id - Tidak banyaknya laporan dari para pengguna Mac bukan berarti sistem operasi besutan Apple tersebut kebal terhadap ransomware. Apapun sistem operasi itu, Anda lah yang harus menjaganya sendiri. Pertanyaannya, tool apa yang bisa melakukan hal itu?

Patrick Wardle, sebuah firma riset keamanan digital, baru-baru ini merilis sebuah tool baru bernama "RansomWhere?". Dari namanya sudah bisa ditebak, tool ini difungsikan untuk mencari, melawan, dan mencegah ransomware menyusupi perangkat Mac Anda.

Sebagaimana dilansir MacNN (26/04), "RansomWhere?" memiliki cara kerja dasar sebagai pemantau aktivitas. Jika terdapat suatu proses yang dianggap mencurigakan, seperti permintaan mengenkripsi file, maka "RansomWhere?" akan langsung menyetop proses dan memberi tahu pengguna.

Dari sini, pengguna diberi dua pilihan, yakni mengakhiri atau melanjutkan (proses enkripsi). Yang perlu diketahui, tingkat akurasi "RansomWhere?" masih belum akurat 100 persen karena tool ini memang baru dirilis. Yang jelas, layak dicoba!

WHAT TO READ NEXT ?