CONNECT WITH US
Erick |
 15 April 2016 07:00

Waspada, bug 1970 masih bisa menembus pertahanan iOS Anda!

Jangan sembarangan menggunakan Wi-Fi jika Anda masih meragukan keamanan hotspot tersebut. Ini sebabnya...

Waspada, bug 1970 masih bisa menembus pertahanan iOS Anda!

Techno.id - Beberapa waktu lalu pengguna handset berbasis iOS dikejutkan dengan bug 1970. Bug tersebut bisa menyebabkan ponsel mati mendadak, dan takkan bisa dihidupkan lagi selamanya. Lalu, pihak Apple mengatakan bahwa iOS 9.3 adalah penyelamat, karena tanggal pada iPhone takkan bisa diset menjadi 1 Januari 1970 jika menggunakan iOS versi tersebut.

Namun seperti yang telah diberitakan oleh 9To5Mac pada hari Rabu (13/04/16) lalu, bug tersebut kembali muncul, dan tetap bisa menyebabkan iPhone Anda mengalami bricked meski telah menggunakan iOS 9.3. Bagaimana caranya menyerang?

Yang justru patut diwaspadai pengguna iPhone adalah Wi-Fi hotspot. iPhone dengan iOS 9.3 tetap bisa mengalami bricked setelah terkoneksi dengan Wi-Fi hotspot palsu. Lalu, bagaimana cara menyebarkan bug tersebut pada iPhone yang terhubung?

Iklan palsu bug 1970
© 2016 idigitaltimes.com/idigitaltimes.com

Secara otomoatis, iOS telah diprogram untuk mengecek, apakah tanggal dan jam sudah benar ketika terkoneksi pada server Network Time Protocol (NTP). Para peneliti yang melakukan uji coba telah membuat sebuah Wi-Fi hotspot, menamainya, lalu pada NTP server seolah-olah mereka menggunakan time.apple.com agar bisa memasukkan tanggal 1 Januari 1970.

Hasilnya? iPhone dan iPad yang terkoneksi dengan hotspot gadungan tersebut melakukan reboot, dan menghancurkan diri secara perlahan. Mengapa bisa terjadi demikian? Penjelasan yang paling masuk akal adalah security certificate pada aplikasi iPad dan iPhone.

Sebagian besar aplikasi pada iOS terkonfigurasi pada security certificate yang akan meng-enkripsi data dari dan pada device. Enkripsi tersebut akan berhenti secara otomatis jika waktu dan tanggal pada handset diatur pada waktu sebelum sertifikat tersebut dirilis.

Hal inilah yang kemudian mengakibatkan malfunction, atau dengan kata lain, semua aplikasi termasuk sistem berhenti bekerja secara bersamaan, dan takkan mau lagi hidup. Dan karena iOS 9.3.1 pun masih bisa ditembus oleh bug 1970 ini, ada baiknya Anda tidak sembarangan menggunakan Wi-Fi di hotspot yang masih diragukan keamanannya.

WHAT TO READ NEXT ?