Lindungi PRT, ILO-Promote hadirkan aplikasi berbasis Android

Lindungi PRT, ILO-Promote hadirkan aplikasi berbasis Android

Techno.id - Maraknya kasus kriminal maupun penindasan bahkan penggunaan anak di bawah umur untuk dijadikan Pekerja Rumah Tangga alias PRT membuat ILO-Promote atau program International Labour Organisation-Promosi Kerja Layak untuk Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak meluncurkan aplikasi PRT berbasis Android. Aplikasi ini disebutkan banyak berisi informasi penting mengenai PRT.

"Aplikasi PRT berbasis Android ini bisa di-download melalui ponsel pintar dan bermanfaat tidak hanya untuk PRT tetapi juga untuk majikan," jelas Koordinator ILO-Promote Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Rasyidi Bakry.

Sebagaimana dilaporkan oleh Antara (12/7/15), aplikasi ini berisi informasi mengenai penjelasan tentang PRT, peraturan perundang-undangan terkait PRT, Keselamatan dan Kesehatan Kerja bahkan tips-tips agar PRT bisa bekerja dengan lebih baik.

Bakry mengungkapkan bahwa selama ini PRT telah berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan global. Data Badan Nasional penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat selama tahun 2006 sampai 2012 saja ada 3,9 juta warga Indonesia yang bekerja sebagai TKI di luar negeri. Bahkan berdasar data Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas, 2012) mencatat terdapat 2,6 juta orang bekerja sebagai PRT dan lebih dari 75 persen adalah perempuan.

"Meski kontribusi PRT bagi perekonomian dan kehidupan manusia secara umum sangat penting, PRT masih belum mendapatkan perlindungan memadai oleh negara," ungkap Bakry.

Hadirnya aplikasi PRT ini diharapkan bisa menjadi solusi tepat guna baik bagi PRT maupun pihak pemberi kerja. Dengan aplikasi ini kedua pihak bisa jadi lebih mengetahui hak-hak dan mendorong terciptanya lingkungan kerja yang layak bagi Pekerja Rumah Tangga.

Aplikasi PRT bisa Anda akses melalui link berikut ini https://dwdw.app.appery.io atau diunduh melalui link https://www.dropbox.com/s/t0jt5ppa2n8avjz/-AplikasiPRT.apk?dl=0

(brl/red)