Ketahui tingkat kecanduan smartphone Android dengan aplikasi ini

Ketahui tingkat kecanduan smartphone Android dengan aplikasi ini

Techno.id - Penggunaan smartphone sedikit banyak telah mengubah perilaku seseorang. Perubahan biasanya terlihat dari hubungan sosial. Jika dulunya dia sering berbincang dengan teman-temannya, kini mulai terpaku pada layar smartphone yang memikat. Orang seperti ini bisa dinyatakan telah kecanduan smartphone atau nomophobia. Lalu, adakah cara untuk mengatasinya?

Kecanduan smartphone bisa diatasi dengan menggunakan smartphone itu sendiri. Tim pengembang Mobifolio telah meluncurkan sebuah aplikasi Android bernama BreakFree Cell Phone Addiction. Aplikasi tersebut diklaim dapat digunakan untuk mengetahui seberapa parah tingkat ketergantungan Anda terhadap smartphone dan menjauhkan smartphone dari diri Anda.

Aplikasi BreakFree Cell Phone Addiction akan berusaha keras menjauhkan smartphone (sementara) dari kehidupan Anda. Hal ini tentunya bertujuan baik, yaitu agar Anda dapat fokus pada sesuatu yang lebih penting.

Ketahui tingkat kecanduan smartphone Android dengan aplikasi ini

Bagaimana aplikasi ini dapat melakukannya? BreakFree Cell Phone Addiction akan mempelajari pola penggunaan smartphone Anda dan memperingatkan Anda jika Anda terlalu lama memakai smartphone. Dari pengamatan pola penggunaan tadi, aplikasi BreakFree bakal menunjukkan skor kecanduan secara real-time dan menyimpannya agar Anda dapat melihat perubahan tingkat kecanduan Anda dari waktu-waktu.

Hebatnya lagi, jika Anda tetap tak tahan menggunakan smartphone, aplikasi BreakFree akan memblokir semua akses smartphone. Beberapa tindakan tersebut di antaranya menonaktifkan internet, memblokir pemberitahuan, menolak panggilan telepon, dan mengirim pesan teks secara otomatis.

Beberapa pengguna yang telah mencoba aplikasi ini merasa senang karena sebagian sudah bisa terlepas dari candu smartphone. Namun, ada juga pengguna yang merasa tidak suka karena aplikasi BreakFree Cell Phone Addiction terlalu mengatur semua aktivitasnya bersama smartphone.

(brl/red)