Ingin hindari nomophobia? Coba aplikasi ini!

Ingin hindari nomophobia? Coba aplikasi ini!

Techno.id - Sejauh ini, teknologi smartphone memang telah banyak membantu manusia untuk dapat berkomunikasi dengan mudah. Ironisnya, kemajuan teknologi smartphone juga berbanding lurus dengan berkurangnya perhatian manusia terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.

Dengan kata lain, kemajuan teknologi telah membuat smartphone dapat melakukan banyak hal yang pada akhirnya membuat manusia lebih gemar melakukan banyak hal melalui media smartphone atau yang lebih dikenal dengan sebutan nomophobia. Alasannya memang sederhana, yakni efisiensi.

Jadi, apa solusi untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir kehidupan sosial dunia nyata yang semakin terabaikan? Keinginan kuat adalah dari diri sendiri mungkin adalah jawaban yang paling mendasar. Namun jika masih membutuhkan bantuan lainnya, Aplikasi DinnerMode mungkin adalah alternatif selanjutnya.

Meskipun DinnerMode merupakan sebuah aplikasi (yang dengan kata lain Anda harus menggenggam smartphone untuk mengaksesnya), setidaknya aplikasi ini dapat menjadi alat pengingat pribadi Anda untuk tetap memperhatikan kehidupan sosial di dunia nyata.

Dengan memanfaatkan aplikasi DinnerMode, Anda dapat mulai mencoba untuk 'menghindari' smartphone dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Namun aplikasi ini hanya menyediakan waktu selama 15 menit, 30 menit, dan satu jam. Dengan kata lain, rentan waktu tersebut setidaknya cukup tepat untuk dapat dilakukan secara bertahap.

Aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan koneksi internet. Pengguna hanya perlu untuk memilih durasi waktu yang telah disediakan oleh aplikasi ini, kemudian biarkan aplikasi tersebut berjalan hingga waktu yang telah ditentukan selesai.

Jika Anda sanggup bertahan dalam waktu yang telah ditentukan, aplikasi ini akan memberikan sebuah 'reward' yang kemudian dapat Anda bagikan ke situs jaringan sosial Twitter. Tujuannya adalah menunjukkan ke pengikut bahwa Anda telah sukses menghindari 'kencaduan' smartphone selama kurun waktu yang telah ditentukan.

Namun jika Anda gagal atau dengan kata lain Anda kembali menggunakan smartphone di saat timer belum habis, Anda akan mendapati layar aplikasi yang berubah warna menjadi merah. Meskipun gagal, Anda juga dapat membagikan hasil tersebut ke Twitter Anda.

Sayangnya, untuk saat ini aplikasi DinnerMode hanya tersedia untuk platform iOS saja. Untuk mencobanya, Anda dapat langsung mengunjungi halaman resmi DinnerMode di App Store.

(brl/red)