Cara mengaktifkan navigasi keyboard di Microsoft Edge

Cara mengaktifkan navigasi keyboard di Microsoft Edge

Techno.id -Chandra Wijaya

Seperti di browser lainnya, saat browsing di Microsoft Edge, seringkali Anda perlu menyeleksi beberapa bagian teks untuk meng-copy-nya. Umumnya, hal ini bisa dilakukan dengan bantuan mouse atau touchpad di laptop. Namun kadang kala, ada hal-hal yang membuat Anda kesulitan melakukannya. Alhasil, kata-kata yang di-select kurang sesuai.

Untuk mengakalinya, jauh lebih mudah dan tepat jika Anda memakai keyboard. Untungnya di browser baru Microsoft, yakni Microsoft Edge, telah tersedia fitur yang berguna untuk menavigasi antar teks dengan keyboard lebih mudah, yakni "Caret Browsing".

Dengan Caret Browsing, Anda bisa bernavigasi layaknya sedang membuka file dokumen. Fitur ini akan menampilkan text cursor yang membuat Anda dengan mudah bernavigasi dari huruf ke huruf atau dari baris ke baris. Asyiknya, cara mengaktifkannya pun cukup mudah.

Untuk mengaktifkan Caret Browsing, Anda hanya perlu menekan tombol F7. Nantinya, akan tampil pop up yang akan mengonfirmasi apakah Anda ingin mengaktifkan Caret Browsing.

Cara mengaktifkan navigasi keyboard di Microsoft Edge

Begitu Anda mengklik Yes, maka Caret Browsing akan langsung aktif di tab yang sedang Anda buka. Untuk memakainya, cukup klik di posisi terdekat yang akan Anda select. Begitu klik, cursor akan tampil dan Anda bisa melakukan select text seperti biasa dengan gabungan antara tombol Shift dan panah

Untuk menonaktifkannya, kembali tekan tombol F7. Namun, Anda perlu mengetahui bahwasannya Caret Browsing bisa diaktifkan tak cuma di satu tab saja.

(brl/red)